GATHERING DESA SEHAT DIGELAR DI 5 DESA

Jumat, 10 Desember 2010


       

      Banyuwangi - Program desa Sehat yang digagas oleh NGO Spectra dan PT. Unilever Indonesia merupakan konsep yang brilian, meskipun program tersebut baru dapat dirasakan oleh 5 desa percontohan di Kabupaten banyuwangi yakni, desa Kebondalem Kec. Bangorejo,desa Genteng Kulon Kec. Genteng, desa temuasri kec. Sempu, desa Bareng Kec. Kabat, dan desa Tamansuruh Kec. Glagah. Demikian disampaikan Bupati Banyuwangi H. Abdullah Aswar Anas, MSi ketika member sambutan acara Gathering Desa Sehat se-Jawa timur Kamis (9/12) di Gedung Wanita Paramitha Kencana.

     Dikatakan Bupati Anas, program desa Sehat sinkron dengan program yang baru saja di launching Bupati Anas bernama HARGAPAS (Harapan Keluarga Peduli Anak sejak Dini),dan untuk merubah perilaku masyarakat pemangku aliran sungai juga digalakkan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kesemua ini bertujuan merubah perilaku hidup bersih dan sehat maasyarakat banyuwangi ditambah program yang telah ada yakni program Gerakan Masyarakat mandiri Sadar Sehat (GEMMAS).

       “Adanya program yang sinergi ini saya berharap akan terwujud desa  yang bersih,nyaman,aman dan sehat untuk dihuni warganya dan akan berimbas pada peningkatan pemberdayaan masyarakat secara komperhensif dan berkelanjutan”.pesan Bupati Anas. Kedepan Bupati Anas berharap program ini terus dikembangkan disemua desa di Kabupaten Banyuwangi.

      Program lain yang berkaitan dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa akan digulirkan, program pemberdayaan perempuan berupa pemberian bantuan modal bergulir bagi Ibu-ibu pedagang kecil dan kaki lima, sehingga masyarakat kecil akan merasakan dampak pembangunan dan turut berperan serta, diperkirakan nilai bantuan akan mencapai 4,5 sampai 5 milyar rupiah. Adanya bantuan ini diharapkan akan mempercepat perputaran perekonomian pedesaan. Pemerintah daerah juga akan membangun embung-embung di desa guna menambah media penyerapan air, dan didalam embung tersebut akan ditaburi bwnih ikan darat yang nantinya akan mempunyai nilai ekonomis. Gathering Desa Sehat dihadiri oleh selain kader PKK se Kab. Banyuwangi juga dihadiri kader PKK dari Kab Bondowoso, Kediri, Lumajang,dan Blitar.

      Sementara itu dijelaskan oleh ketua Tîm Penggerak PKK Kab. Banyuwangi HJ. Dani Aswar Anas, kegiatan Gathering Desa sehat bertujuan sebagai media silaturahmi antar kader dan steakholder guna saling belajar dan atas keberhasilan mesalah di masing-masing kabupaten, terwujudnya media apresiasi atas keberhasilan kader dalam melaksanakan program dalam bentuk pemberian penghargaan, terbangun kemitraan anata pemerintah daerah, dengan PT. Unilever Indonesia Tbk, Tim penggreak PKK, Dinas Kesehatan dan Dinas Pemdidikan, pemuda dan Olahraga dalam mengembangkan program desa sehat. Peserta Gathering kade sebanyak 400 orang terbagi dalam kelompok 4 kabupaten sasaran,5 desa,SKPD,kader PKK dan Organisasi Wanita. Adapun kegitan Gathering meliputi pameran foto,performance kader,komitmen kader,pentas seni dan pemberian hadiah.(Humas)

 

 

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :