Bupati Anas Ajak OPD Terus Jaga Kekompakan Hadapi Covid-19

Selasa, 5 Mei 2020


Banyuwangi - Penanganan Covid-19 membutuhkan kekompakan semua kalangan. Terutama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi ujung tombak pemerintah dalam menjalankan berbagai program penanggulangan wabah.

"Alhamdulillah, selama beberapa bulan kita bekerja bersama dalam menghadapi Covid-19 ini, OPD Banyuwangi masih terus kompak. Ini penting. Jika tidak kompak, maka apapun upaya yang kita lakukan bakal sulit mencapai hasil maksimal," ungkap Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Rabu (5/5/2020).

Kekompakan tersebut, imbuh Anas, tercermin dalam realokasi anggaran masing-masing dinas dalam rangka penanganan wabah. Semua berjalan lancar, tanpa timbul gejolak yang berarti.

"Di daerah lain, tak sedikit terjadi polemik di internalnya terkait realokasi anggaran hanya karena ego sektoral di masing-masing dinasnya. Alhamdulillah di Banyuwangi berjalan lancar, proses realokasi berjalan sesuai skenario. Buahnya, Banyuwangi masuk daerah yang tidak dikenakan sanksi penundaan transfer dana dari pusat karena melakukan proses realokasi dan refocusing anggaran dengan baik," kata Anas yang juga Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) itu.

Bentuk kekompakan lainnya, imbuh Anas, semua OPD ditekankan wajib mengetahui perkembangan tentang Covid-19 ini. Baik yang berkaitan dengan upaya medis maupun  jaring pengaman sosial yang diprogramkan oleh pemkab dan Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi.

"Jangan sampai ada anggapan kalau soal Covid ini hanya urusannya Dinas Kesehatan. Tapi, ini urusan kita semua. Maka, kita harus ikut memperhatikannya. Jika ada warga yang bertanya secara langsung maupun lewat media sosial, semuanya harus aktif untuk memberi jawaban. Edukasi masyarakat tentang berbagai kebijakan yang sedang kita ambil," papar Anas.

Anas lalu mencontohkan pembagian tugas penanganan covid di antara OPD. Misalnya Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Lingkungan Hidup menjadi penanggung jawab dan koordinator pos karantinan di GOR Tawang Alun Banyuwangi. Lalu Dinas Perpustakaan kami juga diminta tenaganya untuk membantu Dinas Perhubungan di pos pantau Pelabuhan Ketapang.

"Lalu setiap dinas yang berkaitan langsung dengan warga terdampak, kami minta juga memfasilitasi warga yang terdampak covid 19 untuk mendaftar Kartu Prakerja. OPD yang agak longgar tenaganya saat pandemi ini kami minta membantu OPD lainnya. Ini bentuk sinergitas kami semua," kata Anas.  

Selain itu, Anas telah meminta semua Kepala OPD yang tak berkaitan langsung dalam penanganan Covid-19 ini, agar memanfaatkan kelonggaran jam kerja untuk meningkatkan kapasitas diri.

"Kerja dari rumah bukan berarti malas-malasan. Tapi, manfaatkan untuk belajar. Jika biasanya tak sempat baca buku, ini saatnya untuk mengkhatamkan banyak buku," pungkas Anas. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :