Zarkasi Resmi Penjabat Bupati Banyuwangi

Surabaya – Gubernur Soekarwo resmi melantik Drs. Zarkasi M.Si sebagai Penjabat (Pj) Bupati Banyuwangi, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (22/10). Zarkasi sebelumnya merupakan pejabat eselon dua Provinsi Jawa Timur yang menduduki jabatan sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas).

Pelantikan Zarkasi sebagai Pj Bupati Banyuwangi digelar berbarengan dengan pelantikan 3 Pj Bupati daerah lainnya yakni Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Pasuruan. Ketiga Pj tersebut, yakni Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Jatim, Jarianto sebagai Pj Bupati Trenggalek dan Staf Ahli Gubernur Jatim Bidang Kemasyarakatan Pemprov Jatim, Moch. Ardi Prasetiawan Pemprov Jatim sebagai Pj Bupati Mojokerto. Dilantik pula Kadis Pertanian Provinsi Jatim Wibowo Ekoputro sebagai Pj Walikota Pasuruan.

Dilantiknya keempat pejabat eselon II Pemprov Jatim tersebut menggantikan posisi Bupati dan Walikota yang telah memasuki masa purna tugas sebelum digelar Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Keempat bupati/walikota yang purna tugas, hadir dalam acara pelantikan tersebut. Tampak pula hadir Bupati - Wakil bupati Banyuwangi yang purna tugas, Abdullah Azwar Anas - Yusuf Widyatmoko.

Gubernur Soekarwo langsung memerintahkan para Pj Bupati tersebut segera "turun" ke wilayahnya masing-masing. Mereka diminta untuk melakukan komunikasi dan koordinasi dengan para stake holder setempat. "Segera konsolidasi dengan DPRD, forpimda, dan para tokoh masyarakat dan agama di sana. Datangi mereka satu per satu, jangan hanya anda mengundang. Komunikasikan tentang pelaksanaan pemerintahan. Situasi yang kondusif akan tercipta bila kita mendahului silaturahim," ujar Soekarwo. 

Soekarwo juga meminta 4 penjabat bupati untuk memantau ketersediaan pangan di daerah. Musim kering yang diperkirakan akan berlangsung hingga jelang akhir tahun akan mengganggu stok beras daerah. "Pantau ketersediaan beras. Yang kedua, koordinasi juga dengan KPU dan panwas aga pelaksanaan pemilu berjalan lancar," pungkas Soekarwo.

Keempat daerah yang kini dipimpin Pj Bupati/Walikota tersebut akan menggelar Pilkada 9 Desember 2015. Pj dapat bertugas dan menjabat paling lama satu tahun terhitung sejak dilantik pada 22 Oktober 2015. Sebelumnya Banyuwangi dipimpin oleh Bupati Abdullah Azwar Anas bersama dengan Yusuf Widiatmoko. Masa kepemimpinan keduanya berakhir pada 20 Oktober 2015 lalu. Acara tersebut juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) ke empat daerah, mulai dari pejabat eksekutif dan legislatif serta dari kepolisian dan TNI hingga Kejaksaan Negeri. (Humas & Protokol)