WARGA DIMINTA WASPADA PUSAT GEMPA MENDEKATI PESISIR PANTAI SELATAN JAWA TIMUR

              BANYUWANGI – Gempa dengan kekuatan 5,4 SR terjadi di 158 km arah tenggara Blitar dan 189 km arah barat daya dengan pusat gempa 20 km di bawah permukaan laut. Gempa terjadi sekitar pukul 12.00 WIB dan dapat dirasakan di Kabupaten Blitar hingga Kabupaten Banyuwangi namun tidak berpotensi tsunami Rabu (18/05). Gempa yang terjadi saat ini merupakan gempa susulan dari gempa yang terjadi pada selasa (17/05) kemarin yang berkekuatan 6,1 SR, sedangkan jaraknya lebih dekat ke pantai Kabupaten  Jember dan Kabupaten Blitar juga sebagian pantai selatan Kabupaten Banyuwangi.
             Kepala Stasiun Meteorologi klas 3 Banyuwangi, Atmaji Putro, membenarkan informasi gempa tersebut.   “ Sekitar pukul 12.01 WIB telah terjadi gempa dengan kekuatan 5,4 SR meski kekuatannya melemah namun hasil pantauan dan laporan yang kami terima dari BMKG pusat, jarak gempa semakin mendekati kawasan pantai kabupaten Blitar, Kabupaten Jember, dan sebagian pantai kabupaten Banyuwangi dan  kedalamannya  juga  lebih dangkal, ” katanya.
Selian itu, Atmaji menghimbau kepada masyarakat di sekitar pesisir pantai selatan Kabupaten Banyuwnagi untuk tetap waspada dan peka terhadap fenomena ataupun gejala alam akan terjadinya gempa maupun tsunami.” Semakin dekatnya jarak pusat gempa ini, saya menghimbau kepada masyarakat di pesisir pantai selatan Banyuwangi dan sekitarnya untuk tetap waspada dan supaya lebih peka terhadap fenomena ataupun tanda – tanda akan terjadinya gempa maupun tsunami, “ himbaunya. “Dan kami akan terus memantau perkembangan gempa tersebut baik arah pergerakannya maupun  kekuatan yang ditimbulkan,” imbuhnya. (HUMAS)