Wabup Yusuf Berikan Sembako pada Warga Kurang Mampu di Wilayah Kertosari

BANYUWANGI - Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko menyerahkan sejumlah bantuan berupa sembako kepada janda dan warga kurang mampu di Kantor Kelurahan Kertosari, Kecamatan Banyuwangi, Jumat pagi (14/12). Masyarakat Kertosari menyambut pembagian sembako itu dengan gembira. Dengan sabar mereka menunggu giliran meski harus antre.

Di depan warga penerima bantuan, Wabup Yusuf berharap sembako yang diberikan bisa meringankan warga. "Kami menyerahkan bantuan ini bagi warga yang memang benar-benar membutuhkan. Semoga bermanfaat," kata Yusuf.

Dijelaskan Yusuf, sembako ini adalah bentuk sinergi antar SKPD yang bahu membahu memberikan bantuannya. Yakni Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Dinas Sosial dan Dinas Koperasi.

Dalam kesempatan itu, Yusuf juga mengajak masyarakat untuk berdoa bersama, mendoakan Banyuwangi, mendoakan pemerintahan yang dijalankannya bersama Bupati Abdullah Azwar Anas. Yusuf juga memohon didoakan agar dimudahkan membangun Banyuwangi hingga ke pelosok.

Sementara itu, ditambahkan oleh Lurah Kertosari, Joko Handoko, bantuan yang digalang Pemkab Banyuwangi ini diperuntukkan bagi warga kurang mampu yang tinggal di 4 rukun tetangga (RT) di wilayahnya. Jumlahnya 225 orang. Mereka rata-rata tinggal di pesisir pantai.

"225 warga penerima sembako ini merupakan warga kami yang kurang mampu, yang rata-rata tinggal di pesisir pantai. Total warga kami ada 2500 kepala keluarga (KK). Dan profesi mereka beragam. Mulai dari pemulung, buruh tambak, buruh tani, pedagang hingga nelayan," ujar Joko.

Salah satu penerima bantuan, Nursifah (70) merasa sangat bersyukur mendapatkan bantuan ini. Nenek yang tinggal bersama cucunya ini sehari-hari bekerja memilah sampah di tempat pembuangan sampah (TPS) yang ada di wilayah Kertosari. "Terima kasih, saya terharu mendapatkan perhatian dari pemerintah. Sembako ini pasti sangat bermanfaat untuk menyambung hidup saya sehari-hari," tuturnya dalam bahasa Jawa halus.

Sehari sebelumnya Bupati Anas juga telah mendatangi Kelurahan Kertosari dan menyerahkan 50 paket sembako. Sisanya sebanyak 175 paket diserahkan Wabup Yusuf pagi ini. (*)