Wabup Minta Kader Linmas Lebih Tangguh dan Peka Terhadap Masyarakat

Banyuwangi – “Jadilah kader pelaksana Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang tangguh, berpengetahuan dan berketerampilan yang baik sehingga peka terhadap dinamika perubahan masyarakat”. Pesan tersebut disampaikan Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiatmoko, kepada ratusan Kader Linmas, di Aula Rempeg Jogopati, Senin (13/6) dalam acara Latihan Dasar (Latsar Linmas).

Selain itu, acara yang diikuti unsur Kader Linmas dari 24 kecamatan dan Anggota Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom Mitra Polri) Banyuwangi, Wabup juga menyampaikan untuk tingkatkan citra, disiplin dan perkokoh jiwa kekompakan sesama kader Linmas. “Serta laksanakan tugas dan tanggungjawab secara profesional dan ikhlas,” tuturnya.

Lebih dalam Wabup mengatakan, fungsi Linmas dalam masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan, membantu dalam penanganan bencana. Serta  membantu dalam momen yang bersifat lokal maupun nasional, contohnya pemilu legislatif, pilpres dan pilkada. Karenanya,  kata Wabup,  diperlukan upaya pengembangan kelembagaan, Sumber Daya Masyarakat (SDM). Linmas diharapkan ikut memelihara ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Disisi lain, Wabup Yusuf  juga menekankan perlunya dihidupkan dan digalakkan kembali penggunaan pakaian seragam dan atribut Linmas setiap hari Senin bagi aparat pemerintah daerah sebagai bentuk peningkatan citra dan wibawa linmas di masyarakat.

Sekedar diketahui, acara tersebut juga dihadiri Sekda, Muspida dan pejabat teras pemkab. (Humas)