Wabup : Meski Pensiun, Tetaplah Mandiri, Produktif dan Bersemangat

Banyuwangi-Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banyuwangi  bekerjasama dengan BRI dan PT. TASPEN (PERSERO) secara khusus menyelenggarakan Sosialisasi Program Pensiun PNS Kabupaten Banyuwangi periode Agustus / Oktober 2011. Program kerjasama terpadu  yang sudah diselenggarakan kedua kalinya di Banyuwangi  ini menawarkan kemudahan dalam pengurusan pensiun.

“Bagi bapak ibu yang akan pensiun, kami harap untuk bisa mandiri dan tetap produktif, serta bersemangat dalam menjalani hari-hari kedepan. Apalagi sudah dipermudah dengan difasilitasi oleh BRI dan PT.TASPEN,”ujar Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko, SSos kepada para undangan yang hadir.

Pitoyo Asmoro, Pimpinan Cabang BRI Banyuwangi mengatakan, “Jika mengurus TASPEN, sekarang tidak perlu jauh-jauh datang ke Jember. Cukup datang ke BRI, nanti petugas BRI akan meminta anda mengisi formulir dan melengkapi persyaratannya secara gratis. Mereka yang akan mengurus ke TASPEN Jember, anda tinggal duduk manis, nanti SK langsung diantar ke rumah. Jadi lebih simple dan murah,”ujarnya.

Iman, perwakilan  dari PT. TASPEN menjelaskan ada hal-hal penting yang perlu diketahui pensiunan, yaitu pertama kali yang dilakukan adalah mengurus klaim di PT. TASPEN, Kedua, tiap tahun ganjil, para pensiunan wajib mengisi form SPTB (Surat Pengesahan Tanda Bukti Diri) dan menyerahkannya kembali. Jika dalam jangka waktu 2 bulan tidak diserahkan, maka pensiunannya akan distop sementara. Ketiga, segera melapor ke PT.TASPEN bila mengalami mutasi / perubahan pada alamat, susunan keluarga atau menikah kembali. Keempat, mengumpulkan Surat Keterangan Masih Sekolah/Kuliah bila terdapat anak yang usianya masih 21 tahun tapi masih sekolah/ belum bekerja/ belum menikah dan tidak menerima beasiswa dari pemerintah. Kelima, Dapat diperkenankan pindah kantor bayar agar lebih dekat. Keenam, semua formulir TASPEN tersedia di BRI, dan Ketujuh, Menjadi anggota PWRI cabang/ranting setempat sebagai wadah organisasi pensiunan setelah selesai menjadi anggota KORPRI. (HUMAS)