Wabup : Idul Adha Momen Menguji Kesabaran dan Keikhlasan

Banyuwangi – Ribuan umat muslim telah memadati lapangan Taman Blambangan Banyuwangi sejak pukul 05.00 wib, tidak lain mereka akan melaksanakan sholat idul adha 1432H tepatnya pada hari minggu (6/11). Ikut sholat idul adha Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko, Kapolres AKBP Nanang Masbudi, Setda Drs Ec. Sukandi  beserta pejabat komponen Pemkab lainnya. Sebelum melakukan sholat Idu Adha Wabub Yusuf Widiatmoko, sempat menyampaikan sekelumit kata, yakni makna dari hari raya Idul Adha ini sebagai moment menguji kesabaran dan keikhlasan serta untuk berbagi dengan saudara yang kurang beruntung.,” Kesabaran dan keihlasan kita semua di uji untuk mau berbagi dengan saudara di sekeliling kita “ katanya. Jika ada 1 orang yang mampu dan memberi 1 orang yang kurang mampu maka jika ada 1000 orang yang mampu dan dapat membantu 1000 orang yang kurang mampu, berarti kita semua telah membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan” jlentrehnya.

Tepat pukul 06.00 wib sholat Idul Adha di mulai, bertindak sebagai imam sekaligus khotib ustd Rusdi Dziban Direktur RSI Fatimah Banyuwangi. Meski berlangsung di Lapangan Blambangan tanpa Tenda, namun seluruh umat muslim yang hadir tetap khusyuk melaksanakan shloat idul adha hingga usai. Usai melaksanakan sholat Ustd. Rusdi Dziban naik podium untuk memberikan khotbah hikmah Idul Adha, dalam khotbah Ustd Rusdi mengharapkan seluruh umat muslim untuk selalu berbagi dan membantu saudara di sekeliling tanpa mengharapkan pamrih. “ Tidak berguna amal apapun yang kita lakukan jika hanya untuk mengharap balasan atau pujian “ tegasnya. Di akhir khotbahnya Ustd Rusdi Dziban berpesan agar umat muslim tidak hanya menilai kurban dalam bentuk materi ataupun benda. “ Do’a dan ilmu yang kita amalkan dengan ikhlas hati untuk negara kita khususnya Banyuwangi merupakan pengorbanan yang lebih mulia untuk seluruh umat, “ pesannya.

Usai melaksanakan sholat idul adha di Taman Blambangan, Wabup beserta rombongan menuju Masjid Agung Baiturrohman (MAB) untuk menyerahkan hewan kurban dari Pemkab Banyuwangi kepada ta’mir MAB. Pada Hari Raya Idul Adha tahun ini Pemkab Banyuwangi Menyediakan hewan kurban sapi 12 ekor dan kambing 18 ekor, hewan kurban tersebut dibagikan kepada masjid – masjid yang ada di Banyuwangi. (humas Protokol)