Valencia dan Hikam Terpilih Sebagai Duta Daerah Banyuwangi 2020

Banyuwang - Grand final pemilihan Duta Daerah Banyuwangi 2020 berlangsung meriah. Acara yang digelar di Gesibu Blambangan pada Sabtu malam (25/01/2020) dipadati ratusan masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung pemilihan duta daerah tersebutp.

Sebanyak 36 finalis putra putri daerah terbaik mengikuti acara pemilihan jebeng thulik duta daerah Banyuwangi 2020.

Jebeng Valencia Aurelia dari SMAN 1 Genteng, dan thulik Hikam Fajar Ramadhan asal MAN 2 Banyuwangi terpilih menjadi jebeng thulik duta daerah Banyuwangi 2020. 

Untuk wakil 1 jebeng dan thulik diraih oleh Talita Diva Jacinda serta thulik Rizal Ihza Mahendra, dan wakil 2 jebeng thulik, disabet Adina Mutiara Kurniawan dan thulik Angga Nur Azizy.

Acara dihadiri langsung Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama istri, Wkil Walikota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri beserta suami.

Dalam sambutannya, Bupati Anas menyampaikan saat ini pemilihan duta daerah sudah berubah paradigmanya. "Sudah bukan lagi memilih yang hanya memiliki paras yang cantik, tapi yang memiliki ilmu pengetahuan yang baik dan lebih tentang Banyuwangi," bebernya. 

Banyuwangi saat ini telah jauh berubah. Banyuwangi, lanjut Anas, banyak mendapat apresiasi dan undangan dari berbagai daerah hingga luar negeri.

"Saya harap yang terpilih sebagai duta daerah banyuwangi, dapat menjelasakan kemajuan yang telah banyak diraih oleh Banyuwangi. Tugas kalian mengabarkan berita baik tentang Banyuwangin serta membangun imej positif," pesan Anas.

Sebelum penjurian final, acara diawali dengan meras jebeng thulik, yakni prosesi wisuda dan pengesahan bagi jebeng thulik. Acara lalu dilanjutkan dengan penampilan tani khas Banyuwangi yang dibawakan seluruh finalis.

Ada sembilan duta daerah yang turut dilantik dalam acara tersebut. Antara lain duta pelayanan publik, duta pengairan, duta bahari, duta infrastruktur, duta kesehatan, duta pertanian, dan duta lingkungan hidup. 

Acara makin meriah dengan dilantunkannya jingle Majestic Banyuwangi, yang langsung diikuti oleh penonton yang memenuhi Gesibu. (*)