Usai Terbakar, Pedagang Pasar Benculuk Bakal di Relokasi ke Pasar Baru

 

Banyuwangi - Pedagang Pasar Benculuk yang bidaknya terbakar pada Senin malam (11/6), akan segera bisa berdagang kembali. Hal ini dipastikan ketika Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meninjau langsung lokasi kejadian, Selasa (12/6).

 

"Semua pedagang akan segera kita relokasi ke pasar baru. Insyallah selesai lebaran kita sosialisasi dan segera kita pindah," ujar Anas. 

 

Pasar baru yang dimaksud Anas adalah gedung Pasar Benculuk yang baru saja selesai dibangun oleh Kementerian Perdagangan. Letaknya tepat di belakang Pasar Benculuk lama. "Gedungnya telah selesai. Lebih rapi, sejuk dan representatif," ulasnya. 

 

Lebih lanjut Anas mengungkapkan pasar lama sendiri akan diratakan dan dijadikan sebagai tempat parkir dan ruang publik. "Ini akan menjadi pasar percontohan di mana akan digabungkan dengan unsur wisata. Apalagi di sini merupakan perlintasan wisatawan yang akan ke Pulau Merah. Tak jauh dari sini juga ada Djawatan. Jadi ini menarik," paparnya. 

 

Anas juga berpesan kepada para pedagang hendaknya bisa beradaptasi dengan corak pasar baru yang lebih tertata. Meski masing-masing bidak lebih kecil, namun efektifitasnya cukup tinggi. "Nantinya, waktu dagangnya tidak hanya pagi, tapi bisa sampai malam. Sehingga penghasilan para pedagang akan lebih meningkat," harapnya. 

 

Sementara itu, pasar yang terbakar dipicu oleh konsrleting listrik. Kejadiannya pada malam hari membuat kebakaran tak segera bisa tertangani. Akhirnya, delapan bidak habis terlalap si jago merah. 

 

"Ada bidak snack dan sembako yang terbakar. Kurang lebih sekitar Rp250 juta kerugian barang dagangan yang terbakar," ujar salah satu korban bernama Choliq. (*)