Usai dilantik, Banyuwangi Resmi Miliki Wakil Rakyat Baru

BANYUWANGI – Masyarakat Banyuwangi resmi memiliki wakil baru di gedung DPRD Banyuwangi. Sebanyak 50 anggota dewan terpilih hasil Pemilu 2019 resmi dilantik sebagai anggota DPRD Banyuwangi tadi malam, Rabu (21/08/2019), di Gedung DPRD.

Prosesi pelantikan anggota dewan periode 2019-2024 yang dikemas dalam rapat paripurna istimewa DPRD Banyuwangi tersebut berlangsung khidmat. Rapat paripurna dibuka Ketua DPRD periode 2014-2019 I Made Cahyana Negara tepat pukul 19.46.

Hadir dalam pelantikan ini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, forum pimpinan daerah (forpimda), mantan Bupati Banyuwangi periode 2015 – 2010 Ratna Ani Lestari, mantan –mantan Ketua DPRD Banyuwangi terdahulu, juga Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Usai membuka rapat paripurna, Made menyampaikan ringkasan kinerja DPRD periode 2014-2019. Selama periode tersebut, dewan telah mengesahkan 76 peraturan daerah (perda) serta menyelenggarakan 256 kali rapat paripurna.

                Selanjutnya, Sekretaris DPRD Suprayogi membacakan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jatim tentang pemberhentian anggota DPRD Banyuwangi periode 2014-2019 dan peresmian pengangkatan anggota DPRD periode 2019-2024. Usai pembacaan SK, 50 anggota dewan terpilih, mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPRD dipimpin Ketua Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi.

                Rapat paripurna lantas dilanjutkan dengan pengumuman dan penetapan pimpinan sementara DPRD Banyuwangi periode 2019-2024 oleh Sekretaris DPRD Suprayogi. Terpilih Ketua DPRD Banyuwangi periode lima tahun ke belakang, yakni I Made Cahyana Negara sebagai Ketua sementara DPRD periode 2019-2024. Sedangkan posisi Wakil Ketua Sementara dipercayakan kepada anggota dewan incumbent asal PKB, yakni M. Ali Mahrus.

                Dalam sambutannya Made mengatakan, setelah menjalani dan menuntaskan Pemilu 2019 dengan segala dinamika kompetisi di dalamnya, kini saatnya membuka lembaran baru. “Saya mengajak anggota dewan periode 2019-2024 yang baru saja diambil sumpahnya untuk mencurahkan segala tenaga dan kemampuan demi mengemban amanat rakyat Banyuwangi. mari kita bersama-sama menjaga sinergisitas serta komunikasi yang sehat, jujur, dan terbuka dengan mitra kerja dan seluruh masyarakat,” ujarnya.

                Sementara itu, Bupati Anas pada kesempatan ini menyampaikan harapannya kepada wakil rakyat untuk  bisa membangun sinergi dan kobarolasi dengan eksekutif. Karena, kata Anas, sesuai arahan Presiden RI, ke depan kita menghadapi situasi yang baru sehingga perlu ada pecepatan. “Untuk itu, kita bisa bersinergi yang lebih kuat dengan teman-teman anggota dewan yang baru. Kita sudah rangking 4 maka kita jangan sampai turun, kita harus kolabrasi,” kata Anas.

Selain itu, lanjutnya, kepada anggota dewan teripilih harapannya bisa menproduk-produk perda yang berkualitas. Seperti  yang disampaikan Presiden Joko Widodo, yang memberi arahan kepada anggota dewan yang baru untuk memproduk perda yang berkualitas, bukan jumlahlahnya yang banyak, tetapi kualitasnya. “Harapan kita nanti, bersama anggota dewan yang baru kita memproduk perda yang berkualitas berdasar skala prioritas,” pungkas Anas. (*)