Universitas Terbuka Jember akan Tambah Layanan di Banyuwangi

Banyuwangi – Pemkab Banyuwangi dan Universitas Terbuka (UT) mengembangkan kerjasama di bidang pendidikan. Setelah kerja sama program beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu, kali ini Unit Program Belajar Jarak Jauh (UBJJ) Jember akan membuka Sentra Layanan UT (SALUT) di Banyuwangi. Ini sekaligus akan menjadi Salut pertama di wilayah UT Jember.

Direktur UT Jember, Prof. Dr. Moh. Imam Farisi, mengatakan Salut merupakan perpanjangan tangan layanan UT yang berada di kota/kabupaten kluster. UT Jember sendiri baru akan membuka yang pertama di Banyuwangi.

“Kenapa pilih Banyuwangi? Karena daerah ini paling potensial dia antara tujuh daerah lainnya di wilayah kami. Saat ini, mahasiswa UT Jember dari Banyuwangi mencapai 30 persen dari total mahasiswa yang ada, baik untuk jenjang S1 dan S2. Makanya kami sengaja bertemu Pak Bupati untuk mendiskusikan hal ini,” terang Imam, sapaan akrabnya, usai bertemu Bupati Banyuwangi, Senin (20/1/2020).

Dijelaskan Imam, keberadaan Salut nantinya untuk mendekatkan dan memudahkan akses layanan kepada mahasiswa, calon mahasiswa, atau masyarakat terkait dengan informasi UT. Juga melayani registrasi, perolehan bahan ajar, pembelajaran, serta ujian secara online.

“Ini nantinya memiliki fungsi yang sama dengan kantor layanan UT di  Jember. Sehingga mempermudah masyarakat maupun mahasiswa Banyuwangi mengakses layanan UT. Tidak lagi pergi jauh-jauh ke Jember. Mulai dari registrasi, mengakses bahan ajar, bahkan rekruitmen juga bisa dilakukan di sini,” urai Imam.

"Target kami, terealisasi Agustus mendatang. Tentunya dengan fasilitas layanan yang sangat memadahi," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik kerjasama ini. Menurutnya, hal ini akan membantu peningkatan kualitas SDM Banyuwangi.

“Selain memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi terkait UT, keberadaan salut di Banyuwangi bisa membantu pemerataan pendidikan tinggi serta peningkatan kualitas SDM di Banyuwangi,” kata Anas.  

Anas pun memastikan akan mendukung penuh berbagai fasilitas yang diperlukan. “Kami akan support biar segera terealisasi,” pungkasnya. (*)