Tingkatkan Kualitas Kinerja, Bupati Kirim 100 Pejabat Ikuti Pelatihan ESQ

BANYUWANGI – Upaya Bupati Abdullah Azwar Anas untuk memperbaiki kinerja Birokrasi Pemerintah terus berlanjut. Setelah melakukan perombakan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk optimalisasi kinerja struktural, Bupati juga berusaha meningkatkan kualitas mental para aparaturnya. Untuk itu, Bupati Anas mengirimkan seratus pejabat Pemkab esselon dua, tiga dan empat mengikuti pelatihan ESQ (Emotional Spiritual Quotient) yang digagas oleh DR. HC Ary Ginanjar Agustian, di Gedung Wanita, Jl. R.A Kartini, Jumat (9/12). Mulai staf ahli, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, Camat, Kepala Satpol PP sampai Sekertaris Dinas diikutsertakan pada pelatihan  kecerdasan emosi spiritual ini.

Disampaikan Bupati Anas, diikutsertakannya para pejabat di lingkungan Pemkab Banyuwangi dalam pelatihan ESQ ini untuk memunculkan kesadaran akan tanggung jawab dan kewajiban yang harus dipenuhi dalam melayani masyarakat. Selain itu, akan muncul juga pejabat-pejabat yang memiliki karakter tangguh dan cerdas secara emosional. “ Harapan saya dengan pelatihan ini mampu membangkitkan kinerja pejabat dalam melayani masyarakat, sehingga dalam melaksanakan tugas bukan semata-mata sebagai suatu kewajiban tupoksi, tapi kesadaran sebagai pemimpin yang mengemban amanah dari Tuhan,” pesan Bupati.

Selain itu, Bupati Anas juga menyampaikan kalau pelatihan ESQ nantinya akan juga akan diberikan kepada para Lurah, Kepala Desa bahkan ketua RT dan RW. “ Saya ingin semua pemimpin di Banyuwangi bisa merasakan pengalaman spiritual yang sama agar mampu melayani rakyatnya dengan sebaik-baiknya,” ungkap Bupati Anas.

Sementara itu, Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah), I Putu Ngakan Suardana, menyampaikan kalau kegiatan ESQ ini merupakan kegiatan yang baru pertama kali digelar bagi para pejabat struktural di Kabupaten Banyuwangi. Pelatihan tersebut akan berlangsung dua hari sampai Sabtu, (10/12). “ Pelatihan ini dibimbing secara langsung oleh tenaga pengajar ESQ yang berlisensi langsung dari Jakarta,” jelas Putu. (Humas dan Protokol)