Syiar Islam Lewat Lomba Dzikir Maulid Dan Hadrah

 

 

Banyuwangi – Untuk melaksanakan syiar islam sekaligus mengangkat seni islami khas Banyuwangi, Sanggar Kebangkitan bekerjasama dengan Ikatan Seni Hadrah Modern Kabupaten Banyuwangi menggelar Lomba Dzikir Maulid Dan Hadrah Gebyar Ramadhan, di Gesibu Blambangan Banyuwangi. Pembukaan acara tersebut dilakukan oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, pada Rabu, (10/8).

Ketua panitia, H. Joni Subagio SH,mengungkapkan Lomba Dzikir Maulid Dan Hadrah dimaksudkan sebagai salah satu kegiatan untuk mengisi bulan Ramadhan. “ Secara khusus kegiatan ini sebagai media meningkatkan syiar islam melalui kegiatan seni,” ujarnya. Menurut Joni, Banyuwangi memiliki seni Islami yang khas yaitu Sholawat Badar yang dicetuskan oleh K.H. Ali Mansyur, ulama Banyuwangi. “ Karena itu sudah selayaknya Kabupaten Banyuwangi bangga dan lebih mengenal seni tersebut melalui kegiatan lomba ini,” ujarnya. Joni berharap agar kesenian islam bisa mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Abdullah Azwar Anas, menyatakan kalau Pemkab sangat mendukung kegiatan lomba tersebut. Orang nomor satu di Banyuwangi itu mengatakan kalau lomba tersebut bisa dijadikan wadah untuk melestarikan kesenian islami yang yang memilki akar tradisi khas Banyuwangi. “ Sebagaimanan prisip faedah Nahdlatul Ulama, yaitu mempertahankan budaya lama yang dianggap baik selain menerima budaya baru yang dianggap lebih baik,” terangnya. Bupati juga menyebutkan, kedepannya akan menjadikan Lomba Dzikir dan Hadrah sebagai kalender tahunan agenda Kabupaten Banyuwangi.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Anas juga menyampaikan perhatiannya kepada para seniman Banyuwangi yang berprestasi. “ Seniman-seniman yang berprestasi tidak hanya akan diberi penghargaan tapi juga uang pembinaan,” ungkap Bupati Anas.

Sekedar diketahui lomba Dzikir Maulid dan hadrah Gebyar Ramadhan akan berlangsung selama lima hari sejak tanggal 11 sampai dengan 15 Agustus nanti.

Pembukaan Lomba Dzikir Maulid dan Hadroh tersebut turut dihadiri Ketua Dewan Syuro PKB, tokoh masyarakat, Sekretaris Kabupaten Drs. Ec. Sukandi, MM beserta pejabat Pemkab lainnya serta para seniman Banyuwangi. (Humas)