Safari Ramadhan, Bupati Merasa Lebih Dekat Dengan Masyarakat

BANYUWANGI –  Untuk mempererat silaturrahim antara pemimpin dengan rakyatnya, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengadakan Safari Ramadhan selama bulan puasa ini.  Dimulai di Pendopo Kecamatan Siliragung,  Bangorejo dan Kecamatan Pesanggaran, Jumat (12/8), Bupati mengadakan Safari Ramadhan.

Safari Ramadhan yang baru pertama kali dilakukan dimasa pemerintahannya ini, Bupati Anas didampingi Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko, Forum Pimpinan Daerah (FPD), Asisten dan Staf Ahli Bupati, dan  para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta para Kepala Instansi Vertikal, seperti Kepala Cabang Bank Mandiri  Kepala Badan Pertanahan (BPN) dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banyuwangi.

Dalam Safari Ramadhan kali ini, Bupati Anas tampak bahagia karena bisa berinteraksi dan menyapa masyarakat yang hadir.  Bupati dalam kesemapatan tersebut juga menyampaikan tujuan utama kegiatan safari Ramadhan ini adalah untuk mempererat silaturrahim antara dirinya dengan rakyat Banyuwangi. “Mudah-mudahan silaturrahim ini menjadi berkah untuk kita semua,” tutur Bupati .

Bupati Anas juga mengatakan, untuk melakukan pembangunan akhlak di Kabupaten Banyuwangi. Karena, menurut Bupati, pembangunan tidak sekedar pembangunan fisik dan ekonomi, tetapi juga pembangunan akhlak yang utama. “ Kami mengupayakan pembangunan akhlak ini berlangsung  secara sistemik  dan berkelanjutan. Sehingga kedepannya akan muncul generasi-generasi yang tidak hanya cerdas intelektual tapi juga cerdas iman,” ungkap Bupati.

Untuk itu, lanjut Bupati, pihaknya meminta dukungan dan doa dari para ulama, kyai juga masyarakat  untuk Banyuwangi bisa lebih maju. “Ketika kita pasrah kepada Tuhan maka akan diberi kemudahan. Karena, selain doa yang terus menerus saya panjatkan kepada Allah, saya juga memohon doa dari para kyai dan semua masyarakat untuk ikut mendoakan Banyuwangi,” pinta Bupati.

Usai memberikan wejangan, Bupati Anas juga menyerahkan santunan kepada anak yatim, pemberian sembako kepada masyarakat tidak mampu dan menyerahkan bantuan pembangunan kepada beberapa masjid yang ada di Kecamatan Siliragung dan bingkisan peralatan sholat. Selain itu Bupati juga menyerahkan zakat dari Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Siliragung untuk beasiswa pelajar berprestasi dan modal usaha, masing-masing senilai Rp. 500 ribu.

Setelah memberi bantuan, acara Safari Ramadhan dilanjutkan buka bersama Bupati ddan sholat magrib berjamaah dengan masyarakat, yang sebelumnya didahului dengan siraman rohani oleh K.H. Ahmad Sakur. Dalam tausiahnya, ulama tersebut berpesan kepada masyarakat agar memanfaatkan momentum bulan ramadhan untuk meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT. “ Karena di bulan inilah semua pahala ibadah kita dilipat gandakan oleh Allah SWT,” tutur Kyai Ahmad Sakur. Selanjutnya, setelah adzan maghrib, Bupati Anas menyantap ta'jil bersama-sama dengan masyarakat yang hadir kemudian dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah dan buka puasa bersama. (Humas)