Sidak Pantai Grand Watu Dodol, Anas Kembali Ingatkan Masalah Kebersihan

Banyuwangi – Memasuki liburan panjang tahun baru 2019, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengunjungi lokasi wisata pantai Grand Watu Dodol (GWD) di Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Senin (31/12). Bupati Anas ingin memastikan kondisi pantai di Selat Bali tersebut nyaman untuk dikunjungi para wisatawan.

Tiba di lokasi, Anas langsung berkeliling ke seluruh areal pantai. Selain ingin meninjau langsung kebersihan kawasan tersebut, Anas juga memastikan seluruh fasilitas yang tersedia dalam kondisi baik dan berfungsi sempurna.

“Hari ini saya sengaja sidak ke sejumlah titik di GWD untuk melihat sejauh mana kesiapan tempat wisata di Banyuwangi menyambut peak season liburan tahun baru ini. GWD sudah menjadi jujugan utama para wisatawan, jadi perlu ada perhatian lebih,” kata Anas.

GWD yang berada di sisi utara Banyuwangi ini banyak menjadi jujugan wisatawan. Pemkab telah menata pantai ini menjadi tempat yang nyaman bagi pengunjung dengan melibatkan arsitek kenamaan Budi Pradono. Arsitektur bangunan utama, rest area, dan mushola yang ada di kawasan tersebut memang terlihat menarik. Pantai ini menawarkan snorkeling, diving, dan beragam permainan air.

Pantai Grand New Watu Dodol adalah destinasi wisata peraih ASEAN Tourism Standard Award (ASEAN), sebuah penghargaan tertinggi bidang pariwisata tingkat Asia Tenggara. Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Anas dalam ASEAN Tourism Forum di Thailand, Jumat 26 Januari 2018.

Dalam kesempatan itu, Anas sengaja melakukan sidak masalah kebersihan lokasi GWD. Terutama di area toilet, mushola, dan warung makan.

“Kami fokus pada kebersihandi ketiga tempat tersebut. Memang masih ada yang kurang bersih, namun terus kita monitor para petugas kebersihan untuk meningkatkan frekuensi kerjanya mengingat GWD bakal diserbu ribuan pengunjung selama musim libur tahun baru ini,” kata Anas.

Saat berkeliling dan bertemu para pengunjung di GWD, Anas pun terlihat menyapa dan mengajak mereka untuk menjaga kebersihan destinasi wisata ini. Bahkan, Anas langsung memberikan contoh dengan memungut sampah plastik yang ada di hadapannya yang langsung diikuti oleh pengunjung lainnya.

“Boleh bawa dan gelar makanan di pantai, tapi bungkus dan sisa makanan tolong dibuang di tempat sampah. Kalau ada sampah berserakan, tolong bantu buang ke tempat sampah ya,” ujarnya.

Salah satu pengunjung asal Gresik, Wirasam Setyawati mengaku senang berkunjung di Pantai GWD ini. Menurut dia, pantai ini relatif bersih dan nyaman untuk wisatawan.

“Pantainya bagus, asri, dan makin bersih saja,” ujar Wirawasam.  (*)