Siapkan Portal Seni, Bupati Anas Ajak Perupa Tetap Optimis

Banyuwangi – Di tengah pandemi yang berdampak pada sektor pariwisata, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengajak para perupa daerah untuk terus optimis, sambil terus berkarya dan mencari cara menampilkan karyanya.

Hal itu diungkapkan Bupati Anas saat bertemu mereka di Pendopo Sabha Swagata, Selasa (1/9/2020). Momen tersebut diikuti oleh 100 perupa Banyuwangi yang terdiri atas seniman lukis, pematung dan pemahat.

Anas mengatakan, pandemi Covid 19 telah membawa dampak yang besar di berbagai sektor kehidupan manusia. 

“Hampir semua negara terdampak pandemi, perekonomian Amerika saja tidak luput dari imbas korona. Termasuk juga pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah yang saat ini berat,” ujar Anas.

Di tengah keadaan berat saat ini, Anas mengajak para perupa untuk memelihara optimisme dan terus berkarya. Seiring itu, pemkab akan terus berupaya mencari cara baru untuk memulihkan aktibitas ekonomi para seniman. 

“Saat ini, kita semua perlu mencari cara-cara baru untuk bisa memasarkan karya kita, karena memang saat ini orang yang datang ke daerah untuk membeli karya seni pastinya tidak seperti dulu sebelum pandemi,” ujar Anas.

"Seperti halnya portal seni yang sedang digagas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi untuk membantu memasarkan karya para perupa seni ini. Ini salah satu cara yang sementara ditempuh pemkab," imbuh Anas.

Sementara itu, salah satu perupa L. Yasin mengaku jika saat ini rekan-rekan seniman di Banyuwangi masih terus beraktivitas di studio-studio seni. Upaya alternatif untuk memasarkan produk juga dilakukan melalui katalog online bersama dengan rekan seniman dari daerah lainnya di galeri nasional.

“Sejumlah karya seniman Banyuwangi mendapatkan apresiasi positif oleh kurator galeri nasional. Ini membuat kami semangat meski saat ini suasana masih belum menentu,” ucapnya optimis.

Salah satu seniman lukis daerah, N. Kojin mengaku jika dirinya tetap optimis meski di tengah pandemi. Dia berharap, sektor pariwisata segera pulih sehingga aktivitas seniman bisa kembali normal.

“Kemajuan pariwisata Banyuwangi sangat berkolerasi positif bagi kami para seniman. Saat ini di masa sulit ini kami seniman saling bahu membahu untuk bertahan. Semoga pariwisata Banyuwangi akan kembali bangkit seperti sedia kala,” ujarnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pariwisata MY. Bramuda, saat ini Pemkab Banyuwangi sendiri tengah menyiapkan portal khusus bagi perupa daerah untuk menampilkan karyanya kepada khalayak. Portal tersebut berada di dalam aplikasi banyuwangi tourism yang saat ini menjadi aplikasi resmi pariwisata daerah.

“Nantinya portal galeri seni ini bisa dimanfaatkan oleh perupa daerah untuk memamerkan dan memasarkan karya-karyanya. Lewat portal ini pembeli bisa langsung bertaransaksi untuk membeli produk seni yang disukainya,” pungkas Bramuda. (*)