75 Siswa-siswi Paskibra 2011, Diserah Terimakan

BANYUWANGI – Sebanyak 75 orang siswa - siswi yang terjaring sebagai Paskibra 2011, diserah terimakan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kepada Dandim 0825, untuk digembleng dan dilatih menjadi calon Paskibra. 75 orang siswa itu terdiri dari 50 orang siswa dan 25 orang siswi yang berasal dari beberapa SMU/ SMK Negeri dan Swasta se Kabupaten Banyuwangi.

Acara serah terima calon Paskibra ini, digelar di Aula Rempeg Jogopati  pada Selasa (26/7)  yang langsung dihadiri Sekkab Sukandi MM. Dalam sambutannya, Sekkab  mengingatkan pada para peserta didik bahwa ajang ini adalah sarana menempa diri. “Jadikan wahana ini sebagai tempat asah, asih, asuh dalam rangka menggembleng diri untuk menjadi putra – putri terbaik,” tutur Sekkab. Sekkab juga mengatakan, bendera merah putih lahir dari perjuangan yang sangat panjang, sehingga akhirnya lahirlah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sementara itu, menurut Drs. Abdullah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpollinmas), yang sekaligus sebagai ketua penyelenggara kegiatan tersebut,  seleksi siswa Paskibra meliputi dua tahap. “Tahap pertama seleksi untuk  Banyuwangi Zona Utara, terdiri atas 8 kecamatan, dan diadakan di GOR Tawangalun, Kamis (14/7). Sedangkan untuk Zona Tengah, terdiri atas 8 kecamatan, dilangsungkan di Kecamatan Genteng, Senin  (18/7). Berikutnya untuk Zona Selatan berlangsung di Kecamatan Cluring, Selasa (19/7). Seleksi Tahap kedua berlangsung di GOR Tawangalun. Dari jumlah peserta didik sebanyak 738 orang, akhirnya terjaring 75 orang, “tuturnya.

Selanjutnya, untuk penggemblengan peserta didik tersebut, akan dikarantina di Wisma Blambangan, selama 22 hari. "Selama itu pula mereka akan digembleng tidak hanya ilmu baris – berbaris, tetapi juga mendapatkan materi – materi dari para instruktur. Termasuk satu muatan lokal  tentang Dasar Tari Gandrung. Nantinya akan dipilih 10 orang terbaik untuk dikirim ke tingkat propinsi. Jika lolos, mereka akan dikirim untuk mengikuti paskibra di Jakarta tahun 2012," jelas Abdullah. (HUMAS)