Semen Bosowa Siap Bangun Pabrik Senilai Rp 700 miliar

BANYUWANGI – Rencana PT Semen Bosowa Tbk mendirikan pabrik semen di Banyuwangi tidak lama lagi akan terwujud. Pembangunan pabrik semen dengan investasi senilai Rp 700 miliar itu akan direalisasi 2012 mendatang.

Kepastian itu disampaikan Presiden Direktur PT Semen Bosowa Tbk, Erwin Aksa di ruang kerja Bupati Abdullah Azwar Anas, Rabu (23/11). Dalam penuturannya Erwin menyampaikan keseriusannya untuk menghadirkan pabrik semen di Banyuwangi. Sebagai buktinya, Erwin menunjukkan kepada Bupati Anas tentang pekerjaannya. Salah satunya telah membebaskan lahan seluas 18 hektar (ha) untuk pembangunan pabrik tersebut. Lokasinya di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro.

Selain membebaskan lahan, Erwin juga mengaku sudah menyelesaikan desain bangunan pabrik. “Saat ini kami masih menunggu proses perizinan dan AMDAL,” ujar Erwin. Pabrik Semen Bosowa itu akan dilengkapi dermaga yang berkapasitas 30 ton dengan kedalaman 18 meter. Pembangunan pabrik itu direncanakan selesai dalam waktu 1,5 tahun.

 Erwin Aksa mentargetkan Tahun 2013 mendatang pabrik semen itu sudah bisa beroperasi. Kapasitas produksi direncanakan 1,8 juta ton per tahun. Pembangunan pabrik tersebut diperkirakan akan menyerap tenaga kerja sekitar 200 pekerja.

Mengapa Banyuwangi dipilih sebagai lokasi pembangunan pabrik? Yang  pertama kata Erwin, Banyuwangi memilki pantai yang cukup dalam dan di dukung kondisi alam yang cukup bagus.

Sementara itu Bupati Abdullah Azwar Anas, menyambut positif dan baik rencana pembangunan pabrik semen ini. Anas mengaku akan mensupport pendirian pabrik semen tersebut. (Humas dan Protokol)