Semangat Pahlawan Menjadi Motivasi Membangun Bangsa

BANYUWANGI – Ratusan Peserta Upacara yang terdiri dari TNI, Kepolisian, pelajar, mahasiswa, Pegawai Negeri Sipil Pemkab Banyuwangi mengikuti upacara Hari Pahlawan ke 66 tahun 2011, di Lapangan GOR Tawangalun Banyuwangi, Kamis (10/11). Acara tersebut dimulai pukul 08.00 WIB, bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko yang membacakan pidato Menteri Sosial RI Salim Segaf Al'Jufrie, dalam pidato tersebut Mentri Sosial berharap moment hari pahlawan saat ini dapat menumbuhkan nilai kepahlawanan sebagai modal soaial dalam mengatasi berbagai masalah – masalah Bangsa. Selain itu, perjuangan para pahlawan yang telah mepertahankan kemerdekaan hendaknya menjadi insprasi dan motivasi dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai program pembangunan unuk mewujudkan cita – cita para pejuang terdahulu.

Hal ini sesuai dengan tema peringatan Hari Pahlawan kali ini “Dengan Semangat Kepahlawanan Kita Bangun Karakter Bangsa “. Sebegai penerus perjuangan hendaknya seluruh warga negara indonesia untuk terus melestarikan dan mendayagunakan sikap prilaku para pahlawan kusuma bangsa dalam rangka membangun karakter bangsa berdsarkan Pancasila.

Diakhir sambutannya, Wabup Yusuf Widiatmoko mengatakan setiap pengorbanan maupun pengabdian yang diberikan pada bangsa tidak selalu berdampak signifikan, namun dengan keteguhan dipastikan membawa pengaruh besar di kemudian hari “ meski langkah pengorbanan kita masih kecil tapi di landasi dengan percaya diri, keteguhan serta keihklsan maka dapat membawa pengaruh besar untuk masa depan bangsa “ katanya.

Selain itu, Acara tersebut juga dihadiri Muspida Banyuwangi dan pejabat komponen Pemkab lainnya. Dalam upacara tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan tanda jasa kepada 5 Veteran di banyuwangi yang turut berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Sebelumnya juga dilakukan upacara tabur bunga di 3 tempat secara bersamaan pada pukul 06.00 wib diantaranya taman makam wisma raga satria, taman makam 0032 pantai boom, dan di pelabuhan ketapang.(Humas Protokol)