Satuan Perlindungan Masyarakat Siap Mengemban Tugas dalam Membantu Memelihara Kamtibmas

Banyuwangi – Senin  pagi (18/4), halaman kantor Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dipenuhi oleh ratusan peserta upacara dari seluruh instansi yang berada dalam lingkup Pemkab Banyuwangi. Upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional tersebut sekaligus memperingati HUT ke-49 Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) .

Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Aswar Anas, Msi  yang menjadi pembina upacara menyampaikan Amanat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Gamawan Fauzi  terkait peringatan ulang tahun SATLINMAS tahun 2011. “Pemkab diharapkan dapat meningkatkan eksistensi dan profesionalisme serta kemampuan manajerial dan operasional SATLINMAS baik di tingkat Propinsi, Kabupaten/Kota hingga Desa/ Kelurahan supaya mampu merencanakan, mempersiapkan dan menyusun serta mengerahkan potensi rakyat dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai Perlindungan Masyarakat.”

Upacara ini bertema  Satuan Perlindungan Masyarakat Siap Mengemban Tugas dalam Membantu Memelihara Kamtibmas serta Mensukseskan Pemilukada . Tema tersebut dipilih terkait dengan eksistensi SATLINMAS yang selama ini punya peran penting dan strategis sebagai penanganan dan penanggulangan bencana serta pengamanan langsung Pemilukada yang merupakan bagian dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Mendagri  berpesan supaya setiap instansi meningkatkan tugas dan pengabdian dalam mensukseskan kebijakan Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam menyelenggarakan penanganan dan penanggulangan bencana serta Pemilukada secara arif bijaksana, meningkatkan sistem secara proporsional terhadap jajaran aparatur Linmas di daerah agar kualitas SDM, kelembagaan maupun sarana prasarananya dapat terus ditingkatkan, mendukung program Linmas secara optimal, baik teknis maupun operasional agar dapat menjadi perhatian dalam pengalokasian dana melalui APBD, meningkatkan koordinasi dan komunikasi pada seluruh jajaran pemerintahan agar tercipta suatu hubungan kerja yang merupakan ajang silaturahmi bagi seluruh jajaran aparatur Linmas di seluruh Indonesia, serta meningkatkan citra SATLINMAS dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif pada saat penanganan dan penanggulangan bencana.

Dalam upacara tersebut, Bupati juga memberikan selamat dan menyampaikan penghargaan kepada jajaran Puskesmas Sempu yang telah berhasil memperoleh predikat Standar Pelayanan Mutu ISO 9001 : 2008. Sampai tahun 2010 baru ada 6 instansi di Banyuwangi yang telah mendapatkan Sertifikat ISO 9001 : 2008 yaitu RSUD Blambangan, SMKN 1 Banyuwangi, Kantor Bersama Samsat Banyuwangi, SMKN 1 Glagah, Puskesmas Sempu dan Kanto PDAM Banyuwangi.Melalui ISO diharapkan bisa memacu peningkatan kerja dan standar pelayanan di lingkungan kerja masing-masing dan semakin meningkatkan pemahaman terhadap pengelolaan organisasi yang baik dalam tatanan makro dan mikro sehingga tujuan eksternal dan internalnya tercapai. (HUMAS)