Sapa Penyintas Covid-19, Bupati Anas Beri Semangat: Jangan Stres

BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyapa para penyintas Covid-19 asal Banyuwangi pada Minggu (10/5/2020). Baik yang sudah dinyatakan sembuh maupun yang masih menjalani perawatan. Melalui layanan video call, ia menyapa mereka dengan gayeng.

 

Yang dihubungi pertama oleh Bupati Anas adalah pasien positif 01 yang telah dinyatakan sembuh pada bulan April lalu. Pasien tersebut sebelumnya dirawat di RSUD Blambangan. 

 

”Sekarang bagaimana kondisinya? Tetap jaga kondisi ya Bu, tetap taat protokol kesehatan meskipun masa kepulangan panjenengan dari RSUD Blambangan sudah lebih dari 14 hari,” kata Anas.

 

Pasien 01 yang sudah sembuh itu pun mengabarkan kondisinya baik-baik saja. Meski awalnya sempat stres karena dinyatakan positif, dia tetap mengelola pikiran, hingga akhirnya pulih dan dinyatakan sembuh. 

 

"Selama dirawat di RSUD, saya merasakan pelayanan yang sangat baik," kata Pasien 01.

 

Anas pun menitipkan pesan untuk terus menjaga kesehatan dengan rajin cuci tangan pakai sabun, mengonsumsi gizi seimbang, dan memakai masker.

 

Bupati Anas kemudian mengontak Pasien 03 yang tertular dari klaster pelatihan petugas haji di Asrama Haji Surabaya. Pasien tersebut berlatar belakang tenaga kesehatan, sekarangdalam tahap perawatan. Kondisinya semakin membaik.

 

"Saya merasa terhormat bisa tinggal di Pendopo selama masa perawatan. Jadi membuat kepercayaan diri saya meningkat. Awalnya sempat stres saat dinyatakan positif Covid-19, namun melihat kesigapan tim medis, saya optimistis bisa sembuh," ungkap pasien yang sempat dirawat di Pendopo Sabha Swagata Blambangan.

 

Pasien 03 ini juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tenaga medis yang telah merawatnya. "Terima kasih kepada semuanya," ungkapnya seraya menahan isak penuh haru.

 

”Pokoknya dibikin happy ya, jangan stres, berpikir positif, berdoa sama Tuhan, biar cepat sembuh dan wabah ini segera berlalu,” pesan Anas.

Saat ini, terdapat empat pasien positif Covid-19 di Banyuwangi. Satu pasien sembuh, dua pasien dalam perawatan dengan kondisi yang terus membaik, dan satu pasien meninggal dunia.

 

Bupati Anas dalam kontak tersebut terus menyemangati para penyintas Covid-19. Ia menyatakan bahwa semua stakeholder di Banyuwangi dari tingkat atas sampai unsur terbawah sedang bahu-membahu dalam menanggulangi wabah Covid-19. "Gugus Tugas beserta seluruh jajaran sampai Bapak/Ibu kepala desa terus bekerja menanggulangi Covid-19 ini," terang Anas.

 

Pelayanan kesehatan untuk pasien Covid-19 juga terus ditingkatkab. Berbagai alat yang diperlukan secara bertahap didatangkan, termasuk dengan menambah ventilator. "Kami terus berupaya untuk bisa memberikan perawatan terbaik," imbuh Anas.

 

Anas mengungkapkan, Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi telah membantu berbagai kebutuhan dasar keluarga pasien. "Kami mengirim sembako untuk keluarga pasien, karena mungkin selama masa perawatan ini, pasien dan keluarga tidak bisa beraktivitas seperti biasanya," pungkasnya. (*)