Sambut Arus Mudik Lebaran, Dirjen Hubdar Pantau Kondisi Jalan Pantura

BANYUWANGI – Terkait persiapan arus mudik lebaran, Dirjen Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar ) secara khusus melihat langsung kondisi jalan pesisir pantura. dalam pantauannya Dirjen Hubdar melihat kondisi jalan  pantura yang harus diwaspadai adalah daerah Probolinggo dan Baluran. Di daerah tersebut kata Dirjen Hubdar Suroyo Ali Moeso, kondisi jalan cukup rusak parah. "Karenanya, jajaran Perhubungan, ASDP, petugas  Kesehatan dan Jasa Raharja dilarang cuti selama lebaran dan harus stand by," ujarnya ketika mengunjungi PT. ASDP Cabang Banyuwangi, Kamis (11/8).

Saat mengunjugi PT ASDP, Suroyo juga mengatakan, Pelabuhan Ketapang merupakan pintu masuk Jawa - Bali, karena itulah pada arus mudik dan arus balik nanti, yang patut diantisipasi adalah membludaknya pengendara sepeda motor yang mencapai 7,4 persen  dari tahun kemarin. Juga pengguna mobil pribadi yang mencapai 6,4 persen, dari tahun kemarin.

Selain menanyakan kesiapan pelabuhan Ketapang, Suroyo juga menjelaskan terkait persiapan lebaran, dan kesiapan angkutan darat. Di sejumlah propinsi di Indonesia, pihaknya telah menyiapkan armada. Antara lain, angkutan darat, laut dan udara. Untuk darat PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga telah siap dengan penambahan gerbong. "Sementara, untuk angkutan darat kami telah siapkan  ribuan bus yang tersebar 45 terminal bus, dan ratusan kapal laut yang ada 52 pelabuhan dan ratusan pesawat terbang di 24 bandara," bebernya.(Humas)