Pangdam V Brawijaya Safari Ramadhan di Banyuwangi

BANYUWANGI – Panglima Kodam V Brawijaya, Mayjen TNI Gatot Nurmantyo melakukan kunjungan ke Kabupaten Banyuwangi. Kunjungan ini dalam rangka safari Ramadhan 1432 H yang dilaksanakan secara bergilir di seluruh wilayah Korem jajaran Kodam V/Brawijaya selama bulan Ramadhan. Di Banyuwangi, acara safari Ramadhan dilaksanakan di halaman Kodim 0825 Banyuwangi. Acara tersebut dihadiri oleh jajaran Kodim 0822 Bondowoso, Jajaran Kodim 0823 Situbondo dan Jajaran Kodim 0825 Banyuwangi selain itu acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Banyuwangi dan pejabat komponen Pemkab lainnya, kamis (4/8).

Dalam sambutannya Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Gatot Nurmantyo mengatakan acara safari Ramadhan di Kodim 0825 Banyuwangi digelar buka puasa bersama sekitar 300 anak yatim piatu dari 3 kabupaten diantaranya Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. “Kalau bukan kita yang mempunyai kepedulian terhadap mereka, siapa yang akan memperhatikan keberadaannya, karena mereka tidak mempunyai orang tua sebagai penggati orang tua mereka, siapa lagi kalau nggak kita-kita ini,” tegasnya.

 

Mayjen TNI Gatot Nurmantyo menambahkan, di bulan suci Ramadan ini merupakan waktu yang sangat baik sekali dalam mencari pahala, barokah dan ridho Allah SWT, karena semua amal ibadah umat-Nya, pahalanya akan dilipatgandakan dari hari-hari biasa.Sehingga menyantuni anak yatim piatu, selain merupakan kewajiban bagi yang mampu sebagai wujud rasa solidaritas terhadap sesamanya, juga  sebagai sarana yang sangat baik dalam mencari ridho Allah serta untuk menumbuhkan kepekaan sosial terhadap manusia yang lain terutama diprioritaskan yang sangat memerlukan uluran tangan atau yang tidak mampu.Safari Ramadan ini dimaksudkan untuk memelihara hubungan dan komunikasi yang baik antar sesama. Antara Kodam V/Brawijaya dengan Umaro', Ulama dan segenap komponen bangsa, dalam rangka menjalin kebersamaan, berbagi suka dan duka sebagai sesama anak bangsa serta untuk menjaga keutuhan NKRI.

Sekertaris Daerah Kabupaten Banyuwangi, Sukandi mengucapkan terimakasih atas kepedulian Kodam V Brawijaya untuk memberikan santunan kepada anak yatim dan bekerjasama dengan pemkab juga masyarakat untuk membantu masyarakat dalam bentuk operasi bakti bedah rumah.

Selain itu, kunjungan Pangdam V Brawijaya juga untuk meninjau operasi bakti TNI Kodim 0825 Banyuwangi dan warga setempat untuk melakukan perbaikan rumah warga miskin dan pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Banyuwangi. Program ini merupakan hasil kerjasama antara Kodam V Brawijaya dan Pemprov Jatim sejak tahun 2009.

Sasarannya diprioritaskan pada perbaikan rumah penduduk yang dipandang tidak layak huni, masyarakat yang kurang mampu pada daerah-daerah miskin, pedesaan dan perkotaan maupun daerah kumuh. Sebelumnya dilakukan survei lapangan untuk menentukan rumah tersebut layak huni atau tidak. Survei dilakukan   Bappeprov, Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi, Bappekab, BPMP Provinsi serta Kabupaten.

Masing-masing Kodim mendapat jatah mengerjakan renovasi rumah tidak layak huni sebanyak 1.007 buah rumah, dengan waktu diperkirakan selesai selama 2 bulan, yang setiap harinya mengerahkan 500 sampai 750 orang personel dengan dibantu warga masyarakat kurang lebih 50-1000 orang

Sebagi informasi, jadwal acara safari selanjutnya,  yakni 6 Agustus  di Makorem 083/BDJ Malang, 8 Agustus di Kodim 0802/Ponorogo, 9 Agustus  di Kodim 0824/Jember, 10 Agustus di Kodim 0809/Kediri, 11 Agustus di Kodim 0807/Tulungagung, 12 Agustus  di Kodim 0812/Lamongan, 14 Agustus di Pangdam V/Brw Umroh, dan pada 26 Agustus di Balai Prajurit Surabaya.