Saat Kantor Pemkab Jadi Wisata Edukasi

BANYUWANGI – Kantor Pemkab Banyuwangi yang asri tidak hanya berfungsi sebagai pusat pemerintahan, namun juga mulai digunakan sebagai jujugan wisata edukasi. Seperti yang terlihat Senin pagi (8/01), ratusan siswa  TK Khodijah 157 Rogojampi mengunjungi kantor yang juga berfungsi sebagai kantor Bupati Banyuwangi ini. 

Kebahagiaan anak-anak ini bertambah saat mereka juga ditemui Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Begitu Bupati Anas dan istrinya Ipuk Fiestiandani tiba, serentak anak-anak dan guru serta orang tua yang mendampingi langsung menyerbu keduanya. 

"Pak Anas, Pak Anas, semangat terus ya." Kalimat itu terus terlontar dari para guru dan puluhan ibu wali murid tersebut. Kehadiran orang nomor satu itu juga tak dilewatkan mereka untuk mengajak Bupati dan istrinya berswafoto. Mereka juga menyerahkan cinderamata buatan siswa yang berupa boneka miniatur pelajar putra dan putri dalam sebuah kotak kaca padanya.

Anas terlihat gembira dengan kehadiran para siswa yang totalnya berjumlah 235 orang itu. “Saya senang bisa ketemu anak-anak dan guru TK hari ini,” ujarnya tak henti menebar senyum bahagia. Terlebih saat mendengar anak-anak berulangkali meneriakkan namanya dengan lantang.

Salah satu pengurus TK tersebut, Lutfi Nuri Hayati mengatakan, kunjungan ke pemkab ini dilakukan dalam rangka wisata edukasi yang memang rutin mereka lakukan setiap tahunnya. “Anak-anak kali ini kami kenalkan dengan pusat pemerintahan. Dimana Bupati Banyuwangi berkantor dan ada gedung-gedung apa saja di dalam kantor pemkab ini,” ujar Lutfi.

Ratusan anak TK ini dibawa berkeliling ke beberapa tempat di dalam kantor pemkab. Mulai dari ruang lobby bupati, ruang kerja, ruang rapat Rempeg Jogopati, ruangan Sekretaris Daerah hingga ke lounge pelayanan publik. Para siswa berseragam kuning ini terlihat  senang dan kagum.

Usai melihat berbagai tayangan tentang Banyuwangi di layar-layar touch screen di dalam lounge, mereka tampak asyik bermain-main di kolam yang berisi ikan-ikan koi yang penuh warna. “Bagus di sini. Gedungnya bagus, besar. Saya suka. Kolamnya banyak ikan koinya,” tutur Raisa Rahma, salah seorang siswi dengan polosnya.

Hal yang sama diungkapkan Ananda Umay yang mengaku bahagia bisa bertemu dengan bupati. “Dari dulu cuma lihat Pak Anas dari gambar. Hari ini saya senang karena bisa ketemu langsung,” kata Umay malu-malu. (*)