RKIH Jatim dan Doctor SHARE Serahkan Bantuan Ventilator dan APD untuk Banyuwangi

BANYUWANGI - Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Yayasan Doctor SHARE memberikan bantuan satu buah ventilator dan 10 alat perlindungan diri (APD) untuk Banyuwangi. Bantuan tersebut diterima Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko di Pendopo Banyuwangi, Senin (13/9/2020).

Dalam penyerahan bantuan tersebut, Ketua RKIH Provinsi Jatim, Erwin Leonard Silitonga mengatakan, bantuan ini adalah bagian dari program Bulan Bakti RKIH.

“Kita bersama-sama concern menangani covid 19. Kami bekerjasama dengan Yayasan Doctor SHARE, kami siapkan 5 ribu relawan di Jatim, bersama dengan TNI/Polri. Ini bagian darinupaya kami bersinergi dengan pemkab untuk penanganan kasus covid,” kata Erwin.

RKIH adalah organisasi masyarakat yang bergerak di bidang sosial untuk membangkitkan ekonomi dan budaya. 

Sedangkan Yayasan Doctor SHARE adalah organisasi nirlaba yang fokus pada pelayanan kesehatan dan bantuan kemanusiaan.

Sementara itu, Ketua Yayasan Doctor SHARE, dr Ivan Reynaldo menambahkan, dipilihnya Banyuwangi adalah rekomendasi dari Gubernur Jatim. 

“Gubernur merekomendasikan beberapa kota, salah satunya Banyuwangi. Kebetulan kami punya program untuk mendonasikan ventilator. Kemudian kami koordinasikan dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, dan mereka juga merekomendasikan RSUD Blambangan Banyuwangi yang membutuhkan ventilator,” bebernya.

Ivan mengatakan bantuan yang diserahkan berupa satu ventilator dan paket APD. Paket APD tersebut terdiri atas Hazardous Material (hazmat) standar PMI, hazmat biasa, faceshield, goggle, sarung tangan dan masker bedah. Juga ada pelatihan untuk rumah sakit dalam mengoperasikan ventilator. 

"Kami memang tidak memberikan bantuan pelayanan kesehatan di Banyuwangi. Namun, kami siap jika sewaktu-waktu Banyuwangi membutuhkan,” ujar Ivan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko berterima kasih atas kepedulian RKIH Provinsi Jatim dan Doctor SHARE terhadap penanganan cobid 19 di Banyuwangi. 

“Terima kasih atas kepedulian dan bantuan yang diberikan. Tentu ini akan sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat Banyuwangi,” kata Yusuf.

Dalam kesempatan itu, Yusuf juga mendapatkan mandat untuk menjadi Ketua RKIH Banyuwangi. (*)