RAKER EVALUASI SATKER DIJADIKAN KOMITMEN BERSIFAT MENGIKAT

Banyuwangi-Dalam fungsi manajemen evaluasi adalah tahapan yang tidak mungkin dilewati , dari sebuah proses perencanaan hingga pelaksanaan atau capaian hasil akhir. Evaluasi sebagai Komitmen yang menunjukkan bahwa  pemerintah   sungguh- sungguh melaksanakan program yang telah ditetapkan, dalam evaluasi ini Bupati bersama SKPD mencari kendala atau missinglink mengapa dalam implementasi kegiatan capaian tiap SKPD tidak merata, ada SKPD yang pelaksanaan programnya hampir mencapai 100 persen, namun ada juga SKPD yang programnya belum berjalan sama sekali. Termasuk dalam rapat evaluasi ini membahas proses pencairan anggaran yang mengalami kemacetan, untuk dicari akar permasalahannya.

Dijelaskan Bupati Anas, hasil evaluasi yang dilakukan hingga jam 2 dini hari bersifat mengikat, karena kesimpulan dari evaluasi akan ditandatangani oleh Bupati  menjadi matrik kesepakatan. Yang menarik, hasil rapat evaluasi dijadikan sebuah dokumen , dan dokumen ini oleh Bupati menjadi salah satu acuan dalam menilai pelaksanaan kegiatan berikutnya, menyangkut kinerja pimpinan SKPD dan seluruh jajarannya.pengagendaan hasil rapat evalusi merupakan tradisi baru sebagai bentuk sebuah komitmen yang perlu mendapat apresiasi semua pihak.

Dalam rapat tersebut  sempat Bupati Anas mengusulkan agar dikaji untuk bantuan yang jumlahnya dibawah Rp 5 juta, apakah persetujuan untuk pencairan dapat didelegasikan ke pimpinan satker, semisal camat

“termasuk surat-surat yang tidak terlalu strategis bisa saya delegasikan ke Camat atau Wabup, agar saya tidak terlalu sibuk dengan hal yang bersifat tehnis, dan saya sedang meminta kajiannya”ujar Bupati Anas. Adanya keinginan Bupati mendelegasikan sebagian wewenangnya  . Jika diamati dari usulan Bupati ini, menunjukkan bahwa Bupati memberikan kepercayaan besar terhadap bawahan, menempatkan fungsi manajemen secara benar dan dinamis. Sehingga Bupati lebih konsentrasi pada kebijakan yang bersifat makro, tidak lagi mengurusi yang bersifat tehnis. Raker evaluasi dilaksanakan di Pendopo Shaba Swagata, Selasa (15/3) hingga dini hari. (*Humas)