Raja Bali Silaturahim Ke Banyuwangi

Banyuwangi - Hubungan Banyuwangi dengan Bali nampaknya tidak hanya sebatas hubungan perekonomian saja, hal ini terbukti dengan kunjungan Raja Majapahit Bali Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III yang secara khusus membawa misi kebudayaan ketika berkunjung ke Banyuwangi.

Dalam pertemuan dengan Bupati Banyuwangi Drs. H. Abdullah Azwar Anas, Gusti Arya begitu beliau akrab disapa mengatakan bahwa Kerajaan Majapahit Bali dan Kerajaan Blambangan merupakan kerajaan yang tidak dapat dipisahkan dalam sejarahnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyak ditemukannya sejarah hubungan Kerajaan Blambangan dengan Kerajaan Majapahit Bali dalam lontar-lontar Kerajaan Majapahit Bali. “Pertemuan ini sebagai langkah awal merajut kembali hubungan kebudayaan Banyuwangi dan Bali,” ucap Rektor Universitas Mahendradatta tersebut.

Dalam pertemuan itu, Kerajaan Majapahit Bali juga akan memberikan gelar  kekerabatan kepada Bupati Banyuwangi sebagai wujud pelestarian budaya dan mempererat hubungan antar Banyuwangi dan Bali.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas berharap kerjasama dibidang perekonomian antara Banyuwangi dan Bali juga dapat ditingkatkan dalam bidang kebudayaan dan pariwisata. Untuk itu Bupati Banyuwangi secara khusus meminta Kerajaan Majapahit Bali membantu Banyuwangi dalam pengembangan infrastuktur budaya dan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, “Kita berharap Banyuwangi bukan hanya menjadi tempat lewat bagi wisatawan yang akan ke Bali namun juga menjadi destinasi tujuan wisata yang terintegrasi dengan Bali,” harapnya.

Oleh karena itu, untuk mendukung beberapa upaya tersebut, Gusti Arya berharap Pemerintah Banyuwangi dapat membangun representative office di Bali dan mengundang Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk mempromosikan Banyuwangi dalam forum-forum ekonomi maupun forum-forum budaya ditingkat internasional. (Humas)