RADIO MENJADI MEDIA YANG PENTING DENGAN DATA YANG AKURAT

GLAGAH – Keakuratan data dalam penyampaian suatu informasi sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Selain itu dibutuhkan juga suatu media yang dapat menyajikan berbagai format penyampaian informasi, sehingga visi dan misi media sebagai pendidik dan penyampai informasi dapat terpenuhi. Radio diharapkan dapat menjadi media yang penting di masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi dengan penyampaian data yang akurat,.“ Radio penting dalam perkembangan masyarakat, tentunya di dukung data yang akurat, “ ujar Bupati Abdullah Azwar Anas, M.Si  dalam sambutannya pada pertemuan jaring radio Suara Surabaya di sanggar Genjah Arum desa Kemiren, Rabu (6/7).

Bupati Azwar juga menceritakan peranan penting media radio saat ia masih duduk di DPR RI hingga menjadi bupati saat ini. Menurutnya radio merupakan media yang mudah di terima masyarakat dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua kalangan. "Saya tidak pernah menolak jika ada radio mau wawancara saat masih di DPR RI hingga jadi bupati sekarang, justru saya siapkan data seakurat mungkin “ ujar Bupati Azwar Anas.

Selain pemaparan oleh Bupati, dalam acara tersebut juga dilakukan diskusi bersama reporter radio jaring Suara Surabaya. Diskusi tersebut membahas beberapa program pro rakyat di kabupaten Banyuwangi. Perwakilan Radio Suara Surabaya ,Yoyong Burhanudin mengatakan media radio merupakan garda terdepan dalam penyampaian komunikasi informasi khususnya penyampaian program – program Bupati yang pro rakyat.“ Media radio khususnya jaring suara Surabaya, diharapkan menjadi wadah dalam penyampaian program Bupati ,“ ujarnya. “ Visi misi kita yaitu sebagai radio jaringan yang memiliki peran penting di daerah ,“ tegas Yoyong.

Dalam pertemuan jaring Suara Surabaya tersebut di hadiri oleh 11 radio dari 11 Kabupaten diantaranya, Suara Surabaya (Surabaya), Maja FM (Mojokerto), Suara Bojonegoro Indah (Bojonegoro), Rakosa FM (Jogakarta), Wijaya Kusuma FM (Madiun), Tidar Sakti FM (kota Batu), Nada FM (Sumenep), Karimata FM (Pamekasan), Rama FM (Bondowoso), Central FM (Lumajang), dan Mandala FM (Banyuwangi). Dan 2 radio lainnya yaitu  Andika FM (Kediri) dan Idola FM (Semarang).