Program Parenting Di PAUD

Banyuwangi – Untuk meningkatkan kualitas orang tua dalam mendidik anak, diharapkan PAUD bisa memberikan program parenting kepada orang tua murid. Terutama bagi PAUD yang dibina oleh para kader PKK. Hal tersebut disampaikan oleh Ny. Dani Azwar Anas saat memberi sambutan setelah melantik ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan di kantor sekretariat PKK Kabupaten Banyuwangi, Rabu (13/7).

Program parenting bisa dibilang sebagai program “sekolah” bagi orang tua karena disini orang tua diberikan pengetahuan mengenai apa yang dibutuhkan dan seharusnya dilakukan dalam mendidik anak. “Walaupun orang tuanya lulusan sarjana belum tentu sudah mengetahui yang terbaik dalam mendidik anak,” ujar Dani. Target program ini adalah orang tua yang mengantarkan anaknya sekolah PAUD dan biasanya menunggu sampai sekolah anak selesai. “ Nanti setelah ikut PAUD bukan hanya anaknya yang pintar, tapi orangtuanya juga,” tutur Dani.

Selain program parenting, secara khusus Ny. Dani Azwar Anas berpesan kepada Ketua TP PKK yang baru agar bisa memaksimalkan perannya di wilayah masing-masing. Dani juga berharap ketua TP PKK bisa tinggal diwilayah kerja agar bisa berkoordinasi dan merespon berbagai kondisi secara cepat. Dalam melakukan berbagai kegiatan sebisa mungkin juga melibatkan LSM, tokoh-tokoh agama maupun tokoh masyarakat setempat. “ Keterlibatan mereka bisa menguatkan peran PKK dimasyarakat,” ujar Dani.

Sementara itu mewakili dewan pembina PKK, Camat Genteng, Zen Kastolani, berpesan agar kader PKK bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugasnya dan meniatkan aktivitasnya untuk ibadah. Dewan pembina akan senantiasa mendukung setiap kegiatan yang diusung oleh PKK selama membawa manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. “ Ibu-ibu ketua PKK pasti kami dukung lahir batin dalam menjalankan tugas,” ujar Zen yang memancing tawa peserta yang hadir. Sebagai informasi, Ketua TP PKK Kecamatan adalah istri dari para camat se Kabupaten Banyuwangi.

Ketua TP PKK yang dilantik antara lain Ny. Luluk Estikawati dari Kecamatan Genteng, Ny. Ahmad Nuril Falah dari Kecamatan Giri, Ny. Luciati Mufida Awalid Iskandar dari Kecamatan Gambiran dan Ny. Hj. Azizah Sriwahyudi dari Kecamatan Tegaldlimo. Hadir dalam acara pelantikan tersebut camat dari 4 Kecamatan yang dilantik, Ketua Perwosi Kabupaten Banyuwangi, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Banyuwangi, serta para kader PKK kecamatan dan desa. (Humas)