Polda Jatim dan Polda Bali Siap Amankan Arus Mudik di Kabupaten Banyuwangi

BANYUWANGI - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Hadiatmoko dan Kapolda Bal,i Irjen Pol Totoy Irawan Indra memantau kesiapan arus mudik Lebaran 2011 di Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi) dan Gilimanuk (Jembrana, Bali).Dalam pantuannya Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko, berjanji siap menerima 300 ribuan  pemudik dari Bali. "Jatim siap menerima 300 ribuan warga yang mudik dari Bali ke berbagai daerah di Jatim," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko saat bertemu Kapolda Bali Irjen Pol Totoy di ruang eksekutif ASDP Ketapang, Banyuwangi, Selasa (23/8).

Mendengar kesiapan Kapolda Jatim, Kapolda Bali Irjen Pol Totoy Irawan Indra menyanggupi untuk membantu warga Jatim di Bali yang mudik. "Kami akan membantu pengawalan bila mereka berkelompok dan kami juga akan mengecek keluar-masuk mereka di Gilimanuk," katanya.

Untuk pengamanan Lebaran selama 16 hari mulai tanggal 23 Agustus (H-7) hingga 7 September (H+8), Polda Jatim mengerahkan 15.772 polisi se-Jatim. Belasan ribu polisi itu akan disebar pada 245 pos pengamanan, 25 titik kemacetan, 30 titik rawan kecelakaan, dan puluhan titik rawan kriminalitas. Ke-25 titik kemacetan antara lain Babat (pantura), Paciran (pantura), Porong, Pasar Krian, Mojoagung, alun-alun Bangil, dan sebagainya.

Sedangkan untuk titik rawan kecelakanan ada 30 titik rawan kecelakaan antara lain Tuban-Widang (pantura), Ngawi-Mantingan, Jembatan Jengkrik dan Jalan Raya Papar di Kediri, Jalan Raya Kesamben dan Talun di Blitar, Jalan Raya Lumajang-Ranuyoso, Tanggul Jember, Jalan Desa Bajulmati Banyuwangi, dan sebagainya. Sementara itu, puluhan titik rawan kriminalitas antara lain Jenu Tuban, Babat-Lamongan (pantura), Pangkalan Mantingan-Ngawi, Gempol-Pandaan Pasuruan, Paiton-Asembagus Situbondo, Tol Dupak-Perak-Demak Surabaya, dan sebagainya.

Sementara, Kapolres Banyuwangi AKBP Rastra Gunawan menyatakan siap untuk  mengamankan pemudik. Dalam mengamankan arus mudik pihaknya mengerahkan 441 personel polisi dan 271 personel dari instansi terkait. Mulai hari ini hingga H+8 mereka disiagakan di sembilan pos pengamanan. Salah satu di antaranya berlokasi di kawasan Pelabuhan Ketapang. "Kami juga mendapat bantuan satu peleton Brigadir Mobil dari Polda Jawa Timur,” ujar Rastra.

Dalam Pertemuan tersebut, selain dihadiri oleh dua Kapolda, juga di hadiri oleh Bupati Abdullah Azwar Anas beserta Forum Pimpinan Daerah (FPD) Kabupaten Banyuwangi, Adpel Pelabuhan Tanjung Wangi, dan PT. Indonesia Ferry ASDP Ketapang dan kepolisian Jembrana Bali. (Humas)