TIM PENILAI EVALUASI PROGRAM PKK PROPINSI TURUN KE BANYUWANGI

Banyuwangi - Banyak prestasi yang diperoleh kabupaten Banyuwangi selama satu tahun terakhir ini. Selain bidang pelayanan kesehatan, pariwisata dan lingkungan hidup, pertumbuhan ekonomi di kabupaten Banyuwangi secara bertahap mulai ada peningkatan. Selain prestasi pada sektor pemerintahan tersebut, kini prestasi itu mulai nampak pada organisasi kewanitaan seperti pada PKK kabupaten. Hal tersebut dibuktikan dengan kedatangan tim penggerak PKK Propinsi Jawa Timur dan Koordinator Tim Penggerak PKK Bakorwil Malang, Kamis ( 24/11 ) di kabupaten Banyuwangi.

Kedatangan Tim Evaluasi 10 Program PKK dari propinsi tersebut bertujuan untuk tinjau lapang dan melihat secara langsung kondisi di kabupaten Banyuwangi serta program - program yang sudah dilaksanakan oleh pengurus / tim penggerak PKK kabupaten hingga ke daerah pedesaan , karena Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang masuk kategori delapan besar se Jawa Timur. Selain itu Banyuwangi juga masuk kategori tiga besar se wilayah bakorwil Malang setelah kota Malang dan kota Probolinggo.

Kedatangan para Tim tersebut disambut langsung oleh ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten ibu Ipuk Festiandhani dan pengurus kabupaten lainnya di kantor Penggerak PKK sebelah timur pendopo Sabha Swagata Blambangan. Tim langsung melihat secara langsung dan melakukan evaluasi di kantor PKK tersebut sebelum melanjutkan perjalanannya ke lokasi sasaran yang akan mendapatkan penilaian evaluasi. Untuk kabupaten Banyuwangi, Tim penggerak PKK kabupaten memberikan kepercayaan kepada pengurus / tim penggerak PKK desa Kebon Dalem kecamatan Bangorejo.

Dalam sambutannya ibu Ipuk Festiandani menjelaskan, selama menjadi ketua Tim Penggerak PKK kabupaten yang dilantik satu tahun yang lalu, dirinya selalu melakukan konsolidasi dengan para pengurus yang lain. "Selain itu, PKK untuk menjalankan program programnya juga melakukan komunikasi dengan dinas terkait guna turut bekerja sama dalam mensukseskan program PKK," ungkapnya. Selain program pengentasan kemiskinan juga ada program pemberdayaan, " Di desa Kebon Dalem ini ada kebiasaan warga sekitar yang mandi atau menggunakan sepanjang aliran sungai untuk keperluan MCK, namun berkat pembinaan dari para kader dan pengurus kini perilaku itu sudah tidak nampak lagi ," tambah istri Bupati tersebut disambut applause Tim dan hadirin yang lainnya .

Sementara itu ketua rombongan Tim Penilai Evaluasi 10 Program PKK, Erna Sucahyono, Bsc mengungkapkan, P"enilaian yang dilakukan kali ini adalah penilaian yang terakhir dan terjauh namun sangat mengesankan," ungkapnya disambut tepuk tangan para  hadirin yang hadir saat itu.  Erna menambahkan bahwa kerja keras dan kerja sama yang dilakukan Tim Penggerak PKK dan pengurus lainnya serta kerja sama dengan instansi lainnya adalah merupakan langkah yang sangat tepat. "Karena tanpa dukungan dengan instansi terkait maka program PKK akan kurang maksimal, namun dirinya mengakui bahwa sudah nampak adanya perubahan perilaku bagi warga / masyarakat desa Kebon Dalem sehingga perlu di pertahankan dan ditingkatkan lagi," tambahnya.

Rombongan Tim Penilai Evaluasi di akhir kegiatannya benar benar dibuat terkesan dengan adanya sajian ramah tamah suguhan  buah jeruk yang sekaligus bisa langsung memetik dari pohonnya. Tanaman jeruk tersebut adalah milik salah satu kader di desa Kebon Dalem kecamatan Bangorejo yang memiliki lahan seluas kurang lebih sepuluh hektar. ( Humas & Protokol )