80 Tukang Sapu, Nyapu Bareng di Sepanjang Jalan Protokol

BANYUWANGI – Guna mendukung gerakan Banyuwangi Green and Clean, baru empat hari ditetapkan sebagai Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), dinas yang sebelumnya tergabung dalam Dinas Pekerjaan Umum (PU) itu memulai gebrakan baru dengan menggelar kegiatan nyapu bareng. Kegiatan nyapu bareng ini diawali dari sepanjang Jalan A Yani, yakni depan Kantor Kecamatan Banyuwangi hingga Simpang Lima, dengan melibatkan 80 tukang sapu, mulai pukul 07.00 – 08.00 Wib.

Menurut Plt. Kepala DKP Drs H. Arief Setiawan MM, nyapu bareng ini akan dilaksanakan sebagai tugas DKP terhadap kebersihan jalan sekaligus untuk memompa semangat Banyuwangi Green and Clean yang telah dicanangkan. Kebiasaan atau budaya nyapu ini tidak hanya fokus di jalan protokol, tetapi semua lingkungan, taman dan jalan yang ada di Banyuwangi . “Untuk itu, disampaikan terima kasih kepada masyarakat yang menyampaikan masih ada tempat – tempat yang kotor. Seperti taman kota Sritanjung dan taman Blambangan. Kami akan segera action,” janjinya.

Selanjutnya, kegiatan tersebut akan diteruskan sebagai agenda rutin para tukang sapu dalam membersihkan taman dan jalan di seluruh Kabupaten Banyuwangi.  “Kegiatan ini akan dilaksanakan intensif beberapa kali dalam satu Minggu untuk memacu kinerja dan menambah jam kerja para tukang sapu,” jelasnya.

Ditambahkan mantan Kabag Humas pemkab ini, kebersihan merupakan tanggung jawab bersama, tidak hanya tugas para tukang sapu, DKP, atau Pemerintah tapi semua masyarakat juga harus ikut andil. “Kami berharap masyarakat menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing agar Banyuwangi bersih dan indah,” ujarnya.  (Humas)