Membangun Citra Daerah Lewat Media

Banyuwangi – Media memiliki peran penting dalam pembentukan citra daerah yang bisa mendukung suasana kondusif bagi berlangsungnya pembangunan di Kabupaten Banyuwangi. Untuk mendapatkan pemahaman akan arti penting media dalam pembentukan citra tersebut  , bagian  Humas Pemkab Banyuwangi mengumpulkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta rekan-rekan media yang ada di Kabupaten Banyuwangi dalam seminar  dengan tema “Membangun Citra Daerah Lewat Media”, diaula Rempeg Jogopati, Selasa (5/7).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang berkesempatan membuka sekaligus menjadi keynote speaker pertama seminar tersebut menyampaikan, komunikasi efektif antara pemkab dengan media menjadi kunci penting terciptanya hubungan yang positif diantara keduanya. Karena itu Bupati Anas berpesan kepada semua SKPD untuk selalu terbuka dalam memberikan informasi kepada pihak media. Bupati  juga berharap agar awak media bisa bekerja secara profesional saat berhadapan dengan pemerintah. “  Jika terjalin hubungan yang positif antara pemerintah dan media maka akan tercipta  suasana yang kondusif di kabupaten Banyuwangi. Suasana yang kondusif itu, akan membawa iklim positif bagi pembangunan dan investasi, yang dampaknya juga akan dirasakan oleh rakyat Banyuwangi,” ungkap Bupati Anas.

Narasumber selanjutnya, Agung Purwanto, dosen Fisip Universitas jember, mengutarakan, pencitraan yang ideal dilakukan dalam bentuk komunikasi politik yang menyampaikan tahapan kegiatan-kegiatan pembangunan pemerintah daerah dalam mencapai visi misi dengan menampilkan juga peran pejabat di pemerintahan.  Sementara media yang digunakan untuk menyampaikan komunikasi tersebut bisa dipilih berdasarkan segmen pembaca maupun jangkauan siarnya.

Sementara itu menurut Kholik Baya, General Manajer Radar Banyuwangi, yang juga menjadi nara sumber seminar, untuk memperkuat citra dimasyarakat, Pemkab Banyuwangi beserta seluruh aparaturnya harus sering menggelar kegiatan yang mendorong ke arah kemajuan daerah dan membawa dampak posif yang masif. Pemkab juga diharapkan membina hubungan kerjasama dengan media massa yang didasari dengan kesetaraan, kejujuran, keterbukaan dan saling menghormati atas peran dan fungsi masing-masing atas dasar profesionalisme.

Hadir dalam acara tersebut Kepala SKPD seluruh kabupaten Banyuwangi serta wartawan media cetak dan elektronik di Kabupaten Banyuwangi. (Humas)