PENINGKATAN TANAMAN PERTANIAN DENGAN SLPHT

Cluring - Bertempat di kelompok tani Sari Bejo, Desa Plampangrejo, Selasa ( 12/7 ) telah diselenggarakan pembukaan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu ( SLPHT ) untuk tanaman kedelai yang diikuti oleh 5 kelompok ( kelompok tani Sari Rukun, Sari Murni, Sari Jaya, Sari Bejo dan Sari Untung ) masing masing diwakili 5 orang.

Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain : Kepala laboratorium pertanian Jember, Koordinator PPL , Mantri Pertanian, Kepala Pengairan, Pengamat Hama Kecamatan Cluring.

Dalam sambutannya Kepala Laboratorium Pertanian Jember, Ir. Darmadi menghimbau  kepada para petani agar selalu waspada karena pada beberapa musim tanam padi ini banyak sekali petani yang gagal panen, ini dikarenakan cuaca yang tidak mendukung karena banyaknya curah hujan sehingga mengakibatkan banyak tanaman padi yang terserang hama wereng coklat. “Untuk itu kami berharap kepada para petani untuk mengikuti anjuran baik itu dari pengairan, Dinas Pertanian maupun PPL agar panen kita berhasil dengan baik,” tegasnya.

Ir Ichwanudin, koordinator PPL juga menambahkan agar peserta SLPHT ini bisa mengikuti kegiatan dengan baik sehingga setelah selesai nantinya bisa menerapkan dan membagikan ilmunya kepada petani lain sehingga  hasil panen semakin baik.

Adapun yang mendapat bantuan untuk SLPTT kedelai : 14 LL( laboratorium lapang ) antara lain Sari Rukun 4 LL, Sari  Jaya 4 LL,Sari Murni  3 LL dan Sari Bejo 3 LL, sedangkan  Sari Untung mendapatkan  1 LL padi non hibrida. ( Pranata Humas Kecamatan Cluring )