Pemkab Dukung Revitalisasi Klenteng Ho Tong Bio Pasca Kebakaran

Tempat ibadah Tri Dharma, Kelenteng Hoo Tong Bio, di Kelurahan Karangrejo, Banyuwangi, terbakar hebat, Jumat pagi, 13 Juni 2014. Akibatnya, bangunan utama untuk peribadatan  umat Kong Hu Chu ini hangus dan rusak parah. Bupati Abdullah Azwar Anas yang baru kembali dari negeri Tiongkok pagi ini, Selasa (17/6) langsung mendatangi  lokasi terjadinya musibah tersebut.

Sesampainya di lokasi Bupati langsung menghampiri lokasi  klenteng yang terbakar. Sekeliling klenteng telah dipasangi garis polisi, sehingga siapapun tidak bisa mendekat. “ Pemerintah Kabupaten Banyuwangi ikut prihatin dan sedih atas kondisi ini,” kata Bupati setelah melihat kondisi Klenteng.

Bupati pun mengatakan akan berperan aktif terlibat dalam upaya revitalisasi Klenteng yang menjadi salah satu tempat bersejarah di Banyuwangi ini. “Dinas PU Cipta Karya akan ditugaskan untuk memberikan asistensi selama proses revitalisasi berlangsung. Pada prinsipnya Pemkab akan mengikuti otoritas jemaat dan pengurus Klenteng dalam proses revitaliasi,  “ ujar Bupati.

Bupati pun berharap nantinya pembangunan Klenteng bisa dilakukan sebagaimana wujud aslinya. Sebab sebelum terbakar Klenteng Hoo Tong Bio ini memiliki arsitektur yang sangat unik dan memilki nilai historis yang tinggi. “Klenteng kita masukkan dalam promosi Banyuwangi sebagai salah satu tempat bersejarah yang patut dikunjungi. Kami percaya banyak arsitek berpengalaman yang mampu membangun kembali Klenteng dengan sebaik-baiknya,” kata Bupati.

Bupati pun berharap agar musibah yang terjadi dapat diambil  hikmahnya oleh semua pihak. “Kedepan fasilitas pemadam kebakaran akan lebih ditingkatkan. Peletakan benda-benda yang mudah terbakar juga lebih diperhatikan. Semoga umat bisa lebih mengembangkan Klenteng ini,” harap Bupati. (Humas protokol)