Pemkab Banyuwangi dan Hotel Mirah Gelar MTQ Rebutkan Tropi Wabup Cup 2019

BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi bersama Mirah Hotel, menggelar Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) memperebutkan tropy Wabup Cup 2019. Lomba ini bibuka oleh Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko, Selasa (25/6) di Hotel Mirah.

Pagi itu, Selasa (25/06/2019) Mirah Hotel dipenuhi santriwan dan santriwati dari tingkat anak-anak hingga dewasa. Mereka hadir di sana untuk mengikuti lomba MTQ memperebutkan piala Wabup Cup 2019.

Sambil menunggu giliran lomba, mereka duduk-duduk di sekitar arena hotel sambil melatih bacaan. Salah satunya, Ahmad Nabil (26). Nabil merupakan salah satu peserta kategori dewasa . Sambil membawa mushaf dia terlihat serius melatih kemampuannya.

MTQ   ini merupakan ajang melatih Nabil dalam memperdalam kepiawannya dalam membaca qur’an. “Saya selalu antusias mengikuti lomba MTQ. Selain sebagai ajang kompetisi ini juga ajang latihan saya untuk persiapan MTQ tingkat provinsi,” kata Juara II lomba MTQ tingkat kabupaten ini.  

MTQ Wabup Cup ini dilaksanakan selama tiga hari 25 – 27 Juni 2019.  Diikuti 122 peserta dengan tiga kategori. Anak-anak, remaja dan dewasa.    

Wabup Yusuf mengapresiasi pelaksanaan MTQ yang baru kali pertama digelar oleh Hotel Mirah. Bagi Wabup ajang ini bisa menjadi ajang untuk mencari bibit yang faseh MTQ. "Manfaatkan momentum ini untuk mengasah kemampuan hingga taraf tertinggi. Sehingga bisa menjadi bekal, tidak hanya dalam perlombaan tapi juga dalam kehidupan," ungkapnya kepada para peserta.

Selain itu, Yusuf Anas juga mengharapkan, MTQ tersebut juga menjadi ajang mengkampanyekan Al-Qur'an. "Jadikan acara ini sebagai ajang untuk mendakwahkan Al-Quran mulai dari anak-anak hingga remaja,” kata Wabup.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ Wabup Cup Miftah Rizal Ali, menambahkan, MTQ yang baru kali pertama ini cukup diminati masyarakat. Sejak awal dibuka ratusan peserta yang ingin mendaftar. Hingga diseleksi ada 122 peserta yang siap berlomba. 122 peserta ini terbagi 42 peserta anak-anak, remaja 63 dan umum, 17 peserta.

Mereka akan berlomba di tiga tempat, ruang loby hotel. Rengganis dan sebalng room. “Mereka ini nantinya akan akan memperebutkan piala juara I, II dan II, dengan masing-masing hadiah. Misalnya juara I remaja Rp 2 juta, Juara II Rp 1,5 dan Juara III Rp 750,” kata Rizal. (*)