Pemkab Apresiasi Program Banyuwangi Tangguh Polresta Banyuwangi

Banyuwangi – Mendukung upaya pemerintah daerah dalam mencegah dan menanggulangi dampak pandemi Covid-19, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi meluncurkan empat program yang terangkum dalam Banyuwangi Tangguh. Pemkab Banyuwangi pun mengapresiasi langkah  Polresta tersebut.

Program Polresta ini terdiri dari Motor Bhabinkamtibmas Peduli Pendidikan, Mobil Himbauan Covid-19, Thermal Scanner Gate, dan E-Kampung Tangguh Semeru.

“Kami mengapresiasi program baru yang diluncurkan Polresta Banyuwangi hari ini. Inovasi seperti ini memang sangat kita butuhkan di tengah pandemi saat ini. Terima kasih Pak Kapolresta dan jajaran yang telah bersinergi bersama pemkab dan stake holder lain dalam menghadapi masa sulit ini,” kata Sekda Kabupaten Banyuwangi, Mujiono, saat menghadiri acara launching program Banyuwangi Tangguh di halaman Kantor Polresta Banyuwangi, Senin (10/8/2020).

Dikatakan Mujiono, empat program yang baru diluncurkan tersebut bakal mendukung upaya pemkab dalam mencegah dan menanggulangi dampak pandemi yang begitu besar. Contohnya, di sektor pendidikan dan pemulihan ekonomi warga.

“Adanya motor bhabinkamtibmas yang menyediakan wifi gratis hingga pelosok desa akan membantu pemkab di sektor pendidikan. Mengingat selama pandemi, para siswa harus melakukan pembelajaran online sebagai bentuk penerapan physical distancing,” kata Mujiono.

Meski seluruh desa (189 desa) telah teraliri fiber optic dan bertransformasi menjadi Smart Kampung, Mujiono tidak menampik bahwa kemungkinan masih ada daerah yang masih kesulitan mengakses internet. Hal ini lantara kondisi geografis Banyuwangi yang begitu luas.

“Inovasi motor wifi ini bisa menjangkau area yang belum terjangkau Smart Kampung. Sehingga semua pelajar bisa melakukan pembelajaran daring dengan lancar,” imbuh Mujiono.

Mujiono juga mengapresiasi inovasi Thermal Scanner Gate yang ada di Kantor Polresta Banyuwangi. Menurutnya, ini lebih efektif ketimbang pemeriksaan manual menggunakan thermo gun.

“Ini bagus dan patut dicontoh. Alangkah baiknya jika setiap OPD juga membuat seperti ini karena lebih efektif. Kalau pakai thermo gun kadang-kadang masih ada yang kelewatan,” kata Mujiono.

Apresiasi yang sama juga diberikan Mujiono untuk program E-Kampung Tangguh. “Ini juga bagus karena terkoneksi langung ke Kantor Polresta. Jadi lebih mudah memantau setiap kegiatan yang ada di desa. Misalnya ada warga yang punya hajatan, ini bisa kita konektingkan dengan perijinannya guna memastikan protokol kesehatannya,” ujar Mujiono.

Selanjutnya Mujiono juga mengapresiasi adanya Mobil Himbauan Covid-19. “Kami terimakasih Polresta juga menyiapkan mobil khusus untuk terus mengingatkan warga tentang protokol kesehatan. Dengan semua program ini semoga peneybaran covid-19 di Banyuwangi bisa kita tekan,” kata dia.  

Peluncuran keempat inovasi tersebut dilakukan oleh Kapolresta Banyuwangi, Kombes Arman Asmara Syarifudin. Didampingi Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Banyuwangi, Mohammad Rawi.

Kombes Arman menjelaskan, Motor Babinkamtibmas Peduli Pendidikan memberikan layanan wifi gratis kepada pelajar di pelosok desa yang masih kesulitan mengakses internet. Polresta Banyuwangi menyediakan 100 motor khusus yang dilengkapi dengan laptop dan pemancar wifi. Masing-masing kecamatan mendapat jatah 4-5 kendaraan.

“Pada pelaksanaannya, Babinkamtibmas akan keliling menggunakan motor layani pelajar yang membutuhkan jaringan wifi guna mendukung kegiatan belajar daring mereka. Nanti bisa janjian tempatnya di mana, waktunya kapan, bisa kumpul di situ bareng-bareng. Misalnya, hari ini di rumah si A pukul 10.00-12.00 dan seterusnya,” ujar Arman.

Mobil Himbauan Covid-19, merupakan kendaraan khusus untuk patroli kedisiplinan protokol kesehatan. Selain rutin keliling menyampaikan imbauan tentang protokol kesehatan, mobil ini juga akan menyisir warga yang terlihat melanggar protokol kesehatan.

“Misalnya ada yang ketahuan tidak memakai masker, akan diingatkan dan dibagikan masker,” terangnya.

Thermal Scanner Gate merupakan program untuk memastikan seluruh pengunjung di kantor Polresta Banyuwangi dalam kondisi sehat. Sementara E-Kampung Tangguh atau Kampung Tangguh Corner merupakan sentra dari seluruh kampung tangguh semeru se-Banyuwangi. Semua kegiatan dan laporan dari kampung tangguh semeru dapat dipantau dari command centre yang ada di Polresta Banyuwangi.

Kampung Tangguh Semeru merupakan program unggulan Polda Jawa Timur, sebagai upaya melawan penyebaran virus Covid-19 yang dilakukan mulai lingkup terkecil, yakni dari desa dan warga sekitar.

“Melalui E-kampung tangguh ini kami ingin pastikan semua kegiatan penanggulangan pandemi telah berjalan dengan baik. Mulai dari penerapan protokol kesehatan hingga memastikan penyaluran bantuan sosialnya beres,” ujarnya. (*)