Pasien Positif Covid-19 di Banyuwangi Bertambah Satu Orang

BANYUWANGI – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi mengumumkan adanya penambahan satu pasien positif infeksi virus corona (Covid-19). Dengan demikian, ada 39 kasus positif Covid-19 di Banyuwangi, di mana 23 di antaranya telah sembuh, 2 meninggal, dan 14 dalam perawatan. Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Banyuwangi sebesar 58,9 persen. 

"Pasien 39 ini adalah seorang perempuan 57 tahun asal Kecamatan Siliragung. Sehari-hari yang bersangkutan adalah pedagang di Bali. Dia sering melakukan perjalanan di wilayah Lombok dan Bali,”kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Selasa (14/7/2020).

Rio, sapaan akrab Widji Lestariono, menceritakan kronologis pasien 39. Pada 26 Juni lalu, pasien 39 ini melakukan perjalanan dari Sumbawa ke Bali. Lalu pada 30 Juni, yang bersangkutan pulang ke Banyuwangi.

“Setiba di Banyuwangi, dia langsung rapid test dan hasilnya reaktif,” jelas Rio.

Pasien tersebut langsung mendapat pantauan dari puskesmas. Lalu, pada 2 Juli, pasien tersebut diambil swab-nya oleh RSUD Genteng untuk diuji. "Dan hasil uji swabnya keluar positif sore tadi,” beber Rio.

Gugus Tugas melakukan penelusuran ke 10 kontak erat pasien 39 untuk dilakukan langkah protokol kesehatan selanjutnya. (*)