Pasien Covid-19 di Banyuwangi: Sembuh Tambah 10 Orang, Positif 2

BANYUWANGI - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi mengumumkan ada penambahan pasien sembuh dari covid-19 pada 16 Juli 2020 sebanyak 10 orang. Sehingga total ada 33 pasien yang telah dinyatakan sembuh dari 41 kasus konfirmasi Covid-19. Dengan demikian, tingkat kesembuhan pasien positif sebesar 80 persen.

 

"Alhamdulillah, selama dua hari terakhir ada sepuluh pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh. Ini merupakan angka sembuh tertinggi yang berhasil dicatat Banyuwangi," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Jumat (17/7/2020).

 

Kini, angka pasien konfirmasi covid-19 di Banyuwangi tercatat 41 orang, di mana 33 sudah sembuh, 6 dalam perawatan, dan dua meninggal.

 

"Ini berkat kerja sama yang baik antara pasien yang disiplin menjalankan treatment, dengan tenaga kesehatan yang terus mendampingi dan merawat mereka," kata Rio, panggilan akrab Widji Lestariono. 

 

Rio menambahkan, kini Banyuwangi telah masuk dalam daerah zona kuning dalam status penanganan covid-19. Yang artinya, daerah dengan resiko rendah penularan.

 

"Tapi jangan sampai lengah. Makanya kemarin Pemkab Banyuwangi membagikan 484 unit sprayer disinfektan ke seluruh desa dan 217.000 masker. Supaya ini kita terus semangat terapkan protokol kesehatan," kata Rio yang juga Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi.

 

"Menjaga jarak, pakai masker, sering cuci tangan adalah kunci dari pengendalian covid-19," imbau Rio.

 

Sementara itu, Gugus Tugas Banyuwangi juga mengumumkan ada tambahan dua kasus konfirmasi covid di Banyuwangi, yaitu pasien nomor 40 dan 41.

 

Pasien konfirmasi 40 adalah seorang ibu (60) merupakan kontak erat dari pasien 30. Pasien 40 yang asal Kecamatan Srono ini tergolong OTG.

 

"Untuk pasien konfirmasi 41 adalah warga Bangorejo berusia 24 tahun. Dia ada kontak erat dengan pasien 32. Gugus Tugas telah melakukan tracing kontak erat kedua pasien tersebut," pungkas Rio. (*)