Paltuding, Sasaran Tinjau Lapang Bupati

BANYUWANGI -  Minggu sore (17/7), Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas didampingi  para pejabat jajaran Pemkab Banyuwangi  melakukan tinjau lapang  ke desa Paltuding . Paltuding adalah desa  yang menjadi pintu masuk ke Gunung Ijen. Bupati juga mengajak perwakilan dari Balai Konservasi sumber Daya Alama (BKSDA) dan Manager Ijen Resort untuk urun rembug bersama terkait perbaikan infrastruktur jalan dan penambahan fasilitas di Paltuding yang dapat berdampak langsung bagi prospek pariwisata di Banyuwangi.

Bupati meminta supaya dibuat toilet baru yang peruntukannya khusus bagi tamu-tamu atau wisatawan asing yang ingin menginap. Toilet itu akan didesain sedemikian rupa sehingga membuat para penggunanya merasa  nyaman. Dengan dilengkapi kaca cermin, closet duduk, shower, toilet paper, hand soap, wastafel, dan keranjang sampah dipastikan bayangan toilet yang jorok tidak akan ada lagi. Selain itu toilet  untuk pria juga akan dilengkapi  dengan urinoir, jet spray dan standing ashtray (asbak berdiri).

Dalam koordinasi lebih lanjut dicapai keputusan bersama bahwa akan segera dibangun kantor pariwisata di Ijen yang akan dilengkapi 1 VIP room dan kamar mandi. Kantor tersebut berfungsi sebagai kantor pemasaran tentang Banyuwangi, yang didalamnya juga difasilitasi dengan foto-foto, buku-buku dan peta wisata Banyuwangi. Selain itu juga akan didirikan miniatur rumah adat Osing di kawasan tersebut. Bupati juga meminta supaya parkiran dipaving dan rumput-rumput di tepi-tepi jalan dibersihkan agar tidak menutupi drainase. (Humas)