Operasi Pasar Murah Selama Ramadhan

Selama Ramadhan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) bersama Bulog menggelar operasi pasar murah khusus beras. Operasi pasar, yang juga diinstruksikan Gubenur Jawa Timur itu digelar kemarin Rabu, (3/8) di Pasar Banyuwangi, dengan harga Rp 6.100 per kilogram.

Kepala Disperindagkop Ir. H. Ikrori Hudanto,  mengatakan, selama Ramadhan pemerintah membuka operasi pasar dengan menyediakan beras jenis IR 64, sebanyak 1 ton beras selama satu hari dengan harga Rp 6.100 per kilogram. Dalam operasi pasar kali ini, pemkab membagi per karung berisi Rp 15 kilogram beras dengan harga Rp 91.500 per karung.  “Harga yang kita berikan ke masyarakat lebih murah dibanding harga pasar yang umumnya yang berkisar Rp. 7.100 per kilogram. Bisa dihitung kan selisihnya," ujar Ikrori.

Untuk operasi pasar ini,kata Ikrori, diperuntukkan masyarakat secara umum tidak memandang kaya atau miskin, semua bisa membeli. “Ini hanya siasat pemerintah untuk membantu masyarakat menemukan beras murah dengan kualitas yang sama,” tuturnya.

Pasar murah ini akan berlangsung hingga  mendekati H-3 Lebaran, dan dibuka mulai pukul 07.00 – 13.00 Wib . Pada Ramadhan Minggu ke dua, pemkab akan menambah operasi pasar murah dengan sembako lainnya seperti tepung, gula, dan minyak goreng. 

Sementara itu koordinator operasi pasar dari Bulog, Imron Rosidi, memuji kalau antusiasme masyarakat terhadap operasi pasar cukup besar. Terbukti dalam satu jam penjualan dihari pertama, beras yang terjual mencapai 13 karung atau 195 kg.  Selain di Pasar Banyuwangi, nantinya operasi pasar juga akan keliling ke pasar kecamatan-kecamatan di Banyuwangi. (Humas)