Nikmati Rujak Soto, KSAL Apresiasi Capaian Pengembangan Banyuwangi

 

BANYUWANGI - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji berkunjung ke Banyuwangi. KSAL memberi apresiasi perkembangan Banyuwangi yang dicapai berkat inovasi yang dilakukan secara kolaboratif antara pemerintah dan warganya.

 

"Jadi kita sudah dengar tentang kreativitas dan inovasi Banyuwangi. Tatanan global ke depan, yang dibutuhkan itu bukan sekedar penduduk banyak, atau sumberdaya alam besar. Tapi yang dibutuhkan adalah penduduk bersumber daya kreatif dan inovatif. Mereka ini yang mampu bersaing ke depan. Dan ini sudah dimulai Banyuwangi," kata Laksamana Siwi di Pendopo Banyuwangi, Sabtu (7/9).

 

Laksamana Siwi sangat menikmati pertemuan yang ramah dengan Bupati Anas. Di pendopo, KSAL menikmati kuliner khas rujak soto dan kopi Banyuwangi. Bahkan juga mengunjungi Sumur Sritanjung yang ada di kawasan pendopo. Sumur ini merupakan cikal bakal legenda Banyuwangi.

 

Dalam kesempatan itu, Laksamana Siwi juga memuji perkembangan Bandara Banyuwangi. Selain bangunannnya yang mengusung konsep hijau, perkembangan penerbangan di Banyuwangi yang pesat juga mendapat acungan jempol dari Laksamana Siwi.

 

"Minggu depan saya akan ke sini untuk latihan yang lebih besar lagi. Ternyata pesawat komersialnya sudah full, terpaksa saya bawa pesawat sendiri," kata KSAL. 

 

"Pelabuhannya di sini juga berkembang. Tadi saya mau sandar juga antri. Ini menunjukkan infrastruktur laut maupun udara di sini berkembang," sambungnya.

 

Mengapresiasi yang dilakukan Banyuwangi, Laksamana Siwi bakal mengajak KRI Bima Suci untuk singgah di Banyuwangi pada pertengahan November mendatang. KRI Bima Suci adalah kapal layar latih milik RI yang kini tengah berlayar membawa 103 taruna untuk berkeliling ke sembilan negara dengan membawa misi diplomasi dan budaya

 

"Jadi ini kapal berangkat sejak Agustus 2019 lalu, dan kami telah membawa buku-buku tentang Banyuwangi. Insya Allah pada 10 - 15 November, kapal singgah di Banyuwangi. Ini akan membangkitkan generasi muda tentang kejayaan Indonesia. Kapal ini jauh lebih besar dari KRI Dewaruci," kata Laksamana Siwi.

 

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas dukungan yang diberikan KSAL. Menurut dia, apa yang dilakukan TNI AL akan berdampak positif pada perkembangan pariwisata Banyuwangi.

 

"Terima kasih kepada TNI AL, khususnya Laksamana Siwi yang terus mendukung Banyuwangi. Perkembangan Banyuwangi adalah buah dari sinergitas dengan banyak pihak, dan peran TNI AL di sini sangatlah signifikan. TNI AL sangat mendukung program-program pembangunan yang kami lakukan, bersama lembaga dan instansi lainnya," kata Anas. (*)