MWC NU Bantu Pemerintah Himpun Dan Salurkan Dana BAZ

Banyuwangi – Untuk membantu pemerintah mempercepat program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Banyuwangi, Majelis Wilayah Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU)  wilayah Kabat melakukan kerjasama dengan  Kecamatan Kabat dalam menghimpun dan menyalurkan dana Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten dan dana BAZ Kecamatan bagi masyarakat miskin dan anak yatim. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangkaian acara Isra Mi’raj yang berlangsung di halaman kantor Kecamatan Kabat, Rabu (6/7).

Dalam sambutannya, ketua MWC NU Kecamatan Kabat,  Drs. Masykur, MPi, mengungkapkan kalau  keterlibatan MWC NU dalam menghimpun dan menyalurkan dana BAZ merupakan salah satu tangung jawab sosial organisasi. Selain itu  juga sebagai perwujudan  anjuran Bupati Banyuwangi yang meminta organisasi dan tokoh-tokoh masyarakat untuk berperan serta dalam program pengentasan kemiskinan. “ Kami berharap MWC NU kedepan bisa menjadi rekan kerja Kecamatan Kabat dalam program-program pengentasan kemiskinan serta program-program pembangunan yang lain,” ujarnya. Masykur juga berpesan kepada pengurus ranting Fatayat dan Muslimat NU untuk bekerjasama dengan pemerintah desa dalam menjaring dana BAZ .Nantinya dana tersebut dapat dipakai untuk membantu masyarakat miskin didesa masing-masing.

Sementara itu ketua BAZ Kabupaten Banyuwangi, Drs. Ec. Sukandi, MM, menyampaikan penyaluran dana BAZ Kabupaten yang dilangsungkan di Kecamatan Kabat ini, sebesar 32 juta untuk 4 Kecamatan yakni Kecamatan Kabat, Rogojampi, Songgon dan Singojuruh. Sedangkan untuk penyaluran BAZ Kabupaten sampai bulan ramadhan nanti direncanakan sebanyak 192 juta untuk 864 fakir miskin di Kabupaten Banyuwangi. Sukandi juga melaporkan perolehan dana BAZ Kabupaten Banyuwangi,  sampai dengan akhir Juni 2011 telah mencapai 482 juta lebih. Ditargetkan sampai akhir tahun akan terkumpul dana BAZ Kabupaten lebih dari 1 Milyar.

Menanggapi pelaksanaan BAZ dan realisasinya, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih pada MWC NU yang telah ikut serta dalam program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Banyuwangi.  Bupati berharap agar langkah tersebut bisa diikuti oleh semua organisasi kemasyarakatan lainnya. “ Program pengentasan kemiskinan menjadi prioritas  kerja Pemkab Banyuwangi, sementara tangan pemerintah hanya terbatas. Maka saya mengharap organisasi dan tokoh-tokoh masyarakat berkenan membantu pemerintah untuk melaksanakan program ini,” ujar Bupati Anas. “  Saya juga sangat berterima kasih pada semua pihak yang telah menyumbang bagi dana BAZ Kabupaten Banyuwangi, kedepan saya berharap kegiatan semacam ini akan bisa terus dilaksanakan,” imbuh Bupati.

Hadir dalam acara tersebut Sekda Kabupaten Banyuwangi, Kepala Dispendikpora, kalangan Muspika, Ulama dan Kyai, para Camat, Lurah serta Kepala Sekolah se Kecamatan Kabat. (Humas)