Motivasi ASN Banyuwangi, Ustaz Yusuf Mansur: Jadikan Kerja sebagai Pengabdian

Banyuwangi – Para Aparatur  Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Banyuwangi mendapatkan siraman rohani dan motivasi dari Ustaz Yusuf Mansur. Pengasuh Pesantren Darul Quran tersebut, memotivasi para ASN untuk menjadikan pekerjaan sebagai pengabdian kepada Allah SWT.

“Bekerja yang kita lakukan, memberikan pelayanan kepada masyarakat, jangan dianggap sebagai beban. Tapi, jadikan kerja kita ini sebagai bagian dari pengabdian kita kepada Allah SWT,” ungkap dai kelahiran 19 Desember 1976 tersebut.

Dengan menjadikan segala pekerjaan sebagai bentuk pengabdian atau khidmat tersebut, lanjut Yusuf Mansur, akan memiliki nilai lebih di hadapan Allah. “Jika kita bisa menjadikan pekerjaan sebagai khidmat, maka kita bisa mengonversi kepada Allah. Tinggal doa, Ya Allah saya telah membantu menyelesaikan masalah orang lain, maka selesaikanlah masalah saya, Ya Allah,” urai Yusuf Mansur.

Yusuf Mansur banyak mencontohkan bagaimana kekuatan khidmat mengubah sesuatu yang tak mungkin bisa menjadi hal yang terwujud. Seperti halnya yang dialami oleh Ari, salah satu santri di pesantrennya. Ari merupakan santri yang memiliki kecerdasan terbatas dibandingkan dengan teman-temannya yang lain. Namun, ia memiliki sifat ringan tangan dalam membantu berbagai urusan pesantren maupun kawan-kawannya.

Setelah lulus dan banyak kawan-kawannya melanjutkan ke berbagai universitas bergengsi di dalam dan di luar negeri, lanjut Yusuf Mansur, Ari tak memiliki rencana apapun. Ia hanya mengantarkan teman-temannya yang akan tes kuliah di Tunisia. Di saat itulah, nilai khidmat yang ia lakukan selama di pesantren dikonversi oleh Allah menjadi keuntungan bagi dirinya.

“Kuasa Allah, si Ari yang hanya menunggu di depan pintu tersebut, bertemu dengan Syekh Akbar yang bertanggung jawab atas penerimaan beasiswa. Tanpa ada apa-apa, si syekh langsung memberikan tiket khusus untuk menerima Ari dalam program beasiswa ke Tunisia tersebut,” cerita Yusuf Mansur.

Hal tersebut patut dicontoh oleh para ASN. “Berikan pelayanan yang terbaik, maka Allah akan melayani Anda sekalian dengan lebih baik. Inilah rahasia yang saya lakukan juga,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, menegaskan, berbagai prestasi yang diraih oleh Banyuwangi tidak terlepas dari doa dan upaya untuk berkhidmat kepada masyarakat Banyuwangi. “Banyak hal yang rasanya begitu sulit untuk bisa dicapai oleh Banyuwangi, tapi berkat doa, santunan anak yatim, dan niat kita berkhidmat kepada masyarakat Banyuwangi, selalu saja diberi kemudahan dan jalan,” ungkapnya.

Untuk itu, Anas mengharapkan semua ASN bisa menggali spirit kerja sebagaimana yang dimotivasi oleh Ustad Yusuf Mansur. “Mari mulai sekarang kita bisa mengaplikasikannya dalam kerja kita. Berikan pelayanan yang terbaik dan berdoalah, pasti Allah akan memudahkan urusan kita,” tegas Anas. (*)