Meski Puasa, Peringatan Detik-Detik Proklamasi Berlangsung Lancar

BANYUWANGI – Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung dengan khidmad di seluruh pelosok Indonesia, tidak terkecuali  di  Banyuwangi. Upacara diadakan di Taman Blambangan, diikuti oleh PNS/TNI/Polri dan ratusan pelajar dari tingkat SD hingga Perguruan Tinggi.

Upacara  17 Agustus kali ini bertemakan “Dengan semangat  proklamasi 17 Agustus 1945 kita tingkatkan kesadaran hidup dalam kebhinekaan untuk kokohkan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia , kita sukseskan kepemimpinan Indonesia dalam Forum ASEAN untuk kokohkan solidaritas ASEAN.Meski disana-sini ada beberapa peserta upacara yang pingsan karena tidak tahan dengan sengatan panas matahari,  terlebih karena mereka sedang menjalankan ibadah puasa, namun upacara berlangsung cukup lancar.

Dalam upacara tersebut, yang menjadi  Inspektur upacara adalah Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas,Msi. Yang bertindak sebagai perwira upacara adalah Kompol Agus Dwi Jatmiko, SH dari Polres Banyuwangi. Ketua DPRD Banyuwangi, Hermanto bertindak sebagai pembaca  teks proklamasi. Sedangkan anggota Paskibra yang menjadi pengibar bendera antara lain Luristya Nur Mahfud (siswi SMAN 1 Rogojampi ), Bintang Permana (siswa SMAN 1 Giri ), dan Bill Clinton Sudirman (siswa SMAN 1 Banyuwangi). (HUMAS)