Merpati Terbang Perdana, Banyuwangi – Surabaya PP Tiap Hari

ROGOJAMPI  –  Maskapai penerbangan Merpati  Nusantara  Airlines (MNA) resmi melakukan penerbangan perdananya dengan pesawat bermesin MA-60 menuju Surabaya di Bandara Blimbingsari Rogojampi, Rabu (24/8). Penerbangan perdana ini mengawali  penerbangan rutin MNA rute Banyuwangi - Surabaya Pulang Pergi (PP) yang akan dilakukan sebanyak empat kali dalam seminggu, melengkapi jadwal Fokker 50 yang sudah melayani penumpang pesawat sebelumnya pada rute yang sama, menjadi setiap hari.

Peresmian penerbangan perdana MNA tersebut dilakukan secara langsung oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas bersama dengan Direktur Niaga PT. MNA, Tony Aulia Ahmad serta disaksikan oleh anggota Forum Pimpinan Daerah (FPD) .

Tony Aulia mengungkapkan kegembiraannya karena hanya dalam waktu singkat   kerjasama antara MNA dan Pemkab Banyuwangi bisa terwujud. “ Hanya dalam waktu sebulan dan dua kali pertemuan dengan Bapak Bupati  kami sudah bisa melaksanakan penerbangan perdana di Banyuwangi,” ungkapnya. Sebelumnya Tony bersama rombongan menyempatkan memantau potensi alam Banyuwangi melalui udara. Menurutnya Banyuwangi memiliki potensi geografis dan pariwisata yang sangat luar biasa.   “ Kesempatan ini tidak akan kami sia-siakan, kami pasti akan mempromosikan Banyuwangi secara maksimal,” tuturnya.

Di sisi lain, Tony mengingatkan kepada jajaran pemerintahan dan masyarakat Banyuwangi untuk mempersiapkan diri menyambut datangnya wisatawan agar terjadi sinergi yang positif dengan usaha yang dilakukan MNA. “Sekarang Banyuwangi sudah tercantum dalam layanan MNA dan bisa diakses secara internasional,” terangnya. Tony juga meminta dukungan semua pihak di Banyuwangi untuk meramaikan rute penerbangan MA 60. “ Kami berharap kedepan bisa terbang dua kali sehari, agar pengusaha yang terbang ke Surabaya pagi hari bisa kembali ke Banyuwangi sore harinya,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Anas juga menyambut gembira atas terealisasinya kerjasama antara Pemkab Banyuwangi dan MNA. “ Dari Banyuwangi ke Surabaya sekarang sudah bisa setiap hari, sementara yang ingin melanjutkan perjalanan ke wilayah lain bisa connecting lewat Surabaya,” tandasnya. Bupati optimis dengan penerbangan tersebut, tidak hanya sektor wisata saja yang mengalami peningkatan kunjungan, namun investor juga akan tertarik untuk masuk ke Banyuwangi. Menurut Bupati ini adalah salah satu red carpet yang digelar oleh Pemkab Banyuwangi bagi setiap investor yang masuk ke Banyuwangi. “ Penerbangan ini merupakan daya tarik kemudahan akses wilayah bagi investor,” ujarnya.

Diakhir acara, sesaat setelah peresmian MA 60, Bupati mengungkapkan sebanyak 300 tiket pesawat sudah di booking oleh pengusaha Banyuwangi. “ Ini adalah bentuk dukungan  dari pengusaha untuk penerbangan kita, saya meminta agar pengusaha lainnya bisa ikut mendukung dengan memanfaatkan penerbangan ini di setiap keperluan perjalanannya,” kata Bupati.

Sekedar diketahui  jadwal penerbangan MA 60 adalah Senin, Rabu, Jumat dan Minggu dengan jam keberangkatan masing masing pada pkl. 13.05. Sementara itu pesawat Fokker 50 pada Selasa, Kamis dan Sabtu, dengan jam keberangkatan pkl. 10.05 . (Humas)