BMG Himbau Warga Waspada Puting Beliung

BANYUWANGI – Meski musim hujan diprediksikan masih Bulan Oktober , namun masyarakat dihimbau tetap waspada dengan intensitas hujan yang disertai angin yang mulai meningkat di sekitar Banyuwangi. Karena angin yang ekstrim bisa berpotensi terjadi angin puting beliu

Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Klas III Kabupaten Banyuwangi, Atmadji Putro, mengatakan meskipun musim hujan masih belum datang, dihimbau kepada masyarakat untuk waspada dengan cuaca saat ini. Karena yang justru diwaspadai saat ini terjadinya angin puting beliung. “Karena  perubahan cuaca yang ekstrim, dari panas kemudian mendung seperti saat ini, sangat berpotensi terjadinya angin puting beliung. Apalagi di daerah lapang yang jarang pepohonan juga berpotensi angin puting beliung,” terangnya.

Selain menghimbau untuk waspada terjadinya puting beliung, masyarakat juga diminta mulai mempersiapkan datangnya musim hujan yang diprediksi jatuh bulan Oktober mendatang. “Dalam menghadapi musim hujan nanti masyarakat diminta waspada dengan curah hujan yang tinggi karena bisa berakibat banjir,” ujarnya.

Salah satu cara pencegahannya, kata Atmaji,  dengan membuat biopori atau sumur resapan dilingkungan masing-masing.  “Manfaat biopori, selain untuk menyerap air saat hujan juga dapat menyimpan air dalam untuk kesuburan tanah, karenanya dihimbau setiap rumah dan di pinggir jalan supaya ada sumur resapan untuk menampung air hujan,” tutur Atmadji. (Humas)