Menteri PDT Resmikan Gedung Pendidikan VI Ponpes Blokagung

Banyuwangi-Ribuan orang antusias memadati kawasan Pondok Pesantren Darussalam  Blokagung, Kecamatan Tegalsari sejak  Minggu pagi, ( 19/6 ). Berkumpulnya ribuan orang tersebut bukan tanpa sebab. Di Ponpes tersebut berlangsung beberapa acara yang dirangkai menjadi satu, yaitu Peringatan Haul KH.  Mukhtar Syafa’at Abdul Ghofur ke 21 ( pendiri  Ponpes Darussalam), Haul Ny. Hj. Siti Maryam Syafa’at ke 29, Haul Ny. Hj. Siti Musyarofah Syafa’at ke 12, Tasyakkuran Khotmil Qur’an Binnadhri ke 5, Reuni Akbar Alumni PP Darussalam dan Peresmian Gedung Pendidikan VI.

Satu hal yang menjadikan acara ini semakin istimewa adalah hadirnya Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), Ir. H. A. Helmy Faisal Zaeni   dan Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas, Msi.  Menteri PDT pada kesempatan itu  hadir untuk meresmikan Gedung Pendidikan VI  yang terletak didalam kompleks Ponpes Darussalam. Gedung berlantai tiga yang terdiri dari  24 lokal tersebut dibangun dengan biaya  kurang lebih 4 Milyar.

Menteri PDT mengatakan, “Peranan Ponpes dalam perjuangan Indonesia benar-benar luar biasa. Melalui Ponpes dikembangkan tiga ukhuwah sekaligus yaitu ukhuwah Islamiyah (persaudaraan Islam), ukhuwah Basyariyah (  persaudaraan kemanusiaan ), dan ukhuwah Wathoniyah (persaudaraan kebangsaan ),” ujar Menteri  yang  dalam kesempatan ini menyumbangkan  dana sebesar Rp 50 juta untuk Ponpes Darussalam, dan diserahkan langsung pada KH. Ahmad Hisyam Syafa’at, SSos, pengasuh Ponpes Darussalam.

Lebih lanjut  Bupati menambahkan, “Pemerintah berterimakasih atas pencerahan tanpa henti kyai terhadap masyarakat. Saat ini peredaran narkoba, kenakalan remaja dan kekerasan seksual semakin marak. Tanpa campur tangan pesantren tidak mungkin ada perubahan ke arah yang lebih baik."(HUMAS)