MENJELANG NYEPI PENYEBERANGAN KETAPANG GILIMANUK DITUTUP SEMENTARA


Banyuwangi - Pelabuhan Ketapang Banyuwangi - Gilimanuk Bali ditutup sehari menjelang perayaan Nyepi di Pulau Bali.

Manajer Operasional PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ketapang, Saharudin Kotto, saat dihubungi ANTARA, di Banyuwangi, Senin, mengatakan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk akan ditutup sejak Senin (15/3) malam pukul 23.00 WIB.

"Pelabuhan Ketapang akan dibuka kembali pada Rabu (17/3) pagi pukul 04.00 WIB. Masyarakat diharapkan mengetahui informasi itu," kata Saharudin.

Menurut dia, PT ASDP Ketapang menghormati perayaan Nyepi di Pulau Bali, sehingga aktivitas penyeberangan juga harus ditutup demi menghormati adat istiadat Melasti untuk warga Hindu di Pulau Dewata.

"Hampir setiap tahun, penyeberangan Ketapang-Gilimanuk ditutup selama sehari menjelang perayaan Nyepi," tuturnya.

Ia memprediksi, lonjakan penumpang di Pelabuhan Ketapang terjadi pada Senin ini, biasanya didominasi oleh kendaraan roda dua dan kendaraan pribadi.

Lonjakan penumpang yang menggunakan sepeda motor diprediksi mencapai 1.200 penumpang setiap hari. Pada hari normal, jumlah penumpang yang menggunakan sepeda motor sebanyak 750-800 penumpang per hari.

"Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang jelang Nyepi, PT ASDP menyiapkan kapal feri sebanyak 28 kapal penumpang dan barang," ujarnya.